Perkuat Internasionalisasi Mutu Akademik, Unesa Jalin Kerja Sama dengan Islamic University of Madinah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

17 Maret 2024 13:33 17 Mar 2024 13:33

Thumbnail Perkuat Internasionalisasi Mutu Akademik, Unesa Jalin Kerja Sama dengan Islamic University of Madinah Watermark Ketik
Para jajaran petinggi Unesa saat melakukan kunjungan ke Islamic University of Madinah. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) terus melakukan Internasionalisasi program untuk menjalin kerja sama dengan berbagai universitas di luar negeri. Salah satu yang sudah dilakukan adalah penandatanganan kerja sama dengan Islamic University of Madinah atau Universitas Islam Madinah.

Universitas Islam Madinah merupakan perguruan tinggi negeri terkemuka di Arab Saudi dengan jumlah 22 ribu mahasiswa. Tidak hanya berasal dari sekitar semenanjung Arab, tetapi juga dari berbagai negara lain, termasuk Indonesia. Ada sekitar 200 mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di sana. 

Sebagai kampus yang banyak diminati mahasiswa negara lain seperti Indonesia, Universitas Islam Madinah memiliki keunggulan di bidang keagamaan dengan kajian yang komprehensif. Kampus tersebut juga didukung dengan pakar agama dan ulama. 

“Guna mendukung program internasionalisasi, Unesa perlu menggandeng atau bersinergi dengan salah satu kampus terbaik di Arab itu untuk bekerja sama di bidang Tridarma Perguruan Tinggi,” ucap Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.

Ada berbagai macam program yang dibahas dan direncanakan antara pimpinan Unesa dan Universitas Islam Madinah, salah satunya yaitu penguatan aspek akademik dan dosen dalam bentuk pertukaran dosen atau dosen tamu. 

“Unesa punya prodi Ekonomi Islam yang didukung dengan para dosen ekonomi Islam dan agama Islam. dosen UNESA bisa lanjut studi di Universitas Islam Madina atau menjadi dosen tamu khusus di sana,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur LPSP Unesa Dr. Martadi, M.Sn., yang turut dalam kunjungan ke Universitas Islam Madinah menuturkan bahwa dosen Universitas Islam Madinah juga bisa menjadi dosen tamu di prodi Ekonomi Islam di Unesa. Dengan itu, diharapkan terjadi penguatan akademik yang mendorong peningkatan mutu dan atmosfer akademik bertaraf global. 

“Selama ini kita sudah banyak bekerja sama dengan perguruan tinggi asal Eropa, Jepang, dan Tiongkok. Maka saat ini sudah waktunya bagi Unesa untuk memperluas hubungan kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di timur tengah,” pungkasnya.(*)

Tags:

Pendidikan Unesa Islamic University of Madinah kerja sama Dosen Tamu kunjungan