Perluas Wawasan, 17 Mahasiswa Unesa Ikuti PLP di Thailand

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

6 Agustus 2024 05:47 6 Agt 2024 05:47

Thumbnail Perluas Wawasan, 17 Mahasiswa Unesa Ikuti PLP di Thailand Watermark Ketik
Para mahasiswa Unesa yang berangkat ke Thailand untuk mengikuti PLP. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengirimkan 17 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) untuk mengikuti program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di Songkhla, Thailand yang berlangsung sejak 29 Juli hingga 1 Oktober 2024.

Kartika Rinakit Adhe, Koorprodi S-1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) mengatakan, PLP ini merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam lingkungan pendidikan internasional, meningkatkan kompetensi profesional, serta memperluas wawasan budaya internasional. 

"PLP ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengasah keterampilan mengajar mereka di lingkungan global," jelas Kartika dalam keterangan tertulis, (6/8/2024).

Program PLP merupakan salah satu bentuk kerja sama Unesa dengan Dinas Pendidikan Songkhla. Berlangsung sejak tahun 2021, tujuan dari program ini untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berwawasan luas, resilient, dan berdaya saing global.

Nantinya selama mengikuti PLP mahasiswa akan mempelajari sistem pendidikan dan budaya di Thailand secara lebih mendalam. Mereka juga nantinya akan melakukan interaksi sosial bersama masyarakat setempat.

"Harapannya mahasiswa PG PAUD dapat mengasah kemampuan mengajar mereka di Thailand sehingga mereka bisa menjadi lulusan yang memiliki daya saing global," tambahnya.

Program PLP di Songkhla ini melibatkan tujuh lokasi yang dipilih berdasarkan kerjasama yang telah terjalin antara Dinas Pendidikan Songkhla dan sekolah-sekolah tersebut. 

Lokasi-lokasi tersebut meliputi Padang Besar Municipality Thailand; Tessaban 1 Bansadao, Sadao district Songkhla Thailand; Tessaban 2 Bansadao, Sadao district Songkhla Thailand; 

Selanjutnya, Kaewboutku School, Padangbesar Songkhla; Tessaban Thambon Natawee, Natawee District Songkhla; Watnamom School, Namom District Songkhla; dan NamomWatnamom School, Namom District Songkhla Thailand.

"Dengan terjun langsung ke masyarakat disana para siswa dapat memiliki pengetahuan luas yang bersifat global. Nantinya ilmu yang didapat dapat diterapkan disini," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Unesa PLP kerja sama budaya Pengetahuan global paud