Pertamina Isi BBM Pesawat Saudi Airlines 120 Ribu Liter Avtur, Cukup Angkut Jemaah Haji Sekali Terbang Palembang-Jeddah

Editor: Bubun Kurniadi

25 Mei 2024 05:06 25 Mei 2024 05:06

Thumbnail Pertamina Isi BBM Pesawat Saudi Airlines 120 Ribu Liter Avtur, Cukup Angkut Jemaah Haji Sekali Terbang Palembang-Jeddah Watermark Ketik
Pengisian bahan bakar minyak oleh PT Pertamina sebanyak 120 Kl ke pesawat Saudi Arabia Airlines yang membawa 445 jemaah haji dari Bandara SMB II Palembang menuju Jeddah, Arab Saudi (Foto: Wahyu Rahmanto/ketik.co)

KETIK, PALEMBANG – Pesawat Saudi Arabia Airlines yang membawa Jemaah Haji embarkasi Palembang dari Bandara SMB II menuju Jeddah Arab Saudi hanya dengan satu kali penerbangan membawa ratusan ribu liter bahan bakar minyak Avtur.

"Kapasitas bahan bakarnya rata-rata 120 ribu liter Avtur (120 Kiloliter) untuk pesawat ini," kata Region Manager Corporate, Operation and Services (COS) Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Yudho Wibowo saat dibincangi di bandara SMB II Palembang, sebelum keberangkatan kloter 9 Kamis (23/05/2024).

Yudho juga mengatakan, penerbangan haji kali ini berbeda dari sebelumnya, Pertamina memberikan dukungan (support) penerbangan pesawat Saudi Arabia Airlines yang menggunakan pesawat Boeing 747-400 langsung (direct) dari Palembang ke Jeddah.

"Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel turut bangga bisa menjadi bagian dari pelayanan terbaik untuk para jamaah," ucapnya

Sementara, sebanyak 450 jemaah haji Kloter 9 Embarkasi Palembang bertolak meninggalkan Bandara SMB II Palembang, Kamis (23/05/2024) siang. Keberangkatan kloter 9 menandai berakhirnya pemberangkatan gelombang pertama melalui Embarkasi Palembang.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil menuturkan, total jemaah haji yang berangkat melalui Embarkasi Palembang di gelombang pertama berjumlah 4.041 jemaah. Rinciannya, Sumsel 2.437 jemaah, Babel 1.109 jemaah, dan 45 petugas kloter.  

“Mulai besok, Embarkasi Palembang akan memberangkatkan kloter 10 yang masuk fase gelombang kedua. Di gelombang pertama, jemaah diberangkatkan dari Palembang menuju Madinah. Sedangkan di gelombang kedua, jemaah diberangkatkan dari Palembang menuju Jeddah,” jelas Armet. 

Selain itu, lanjut Armet, hingga saat ini Kloter 1, 2, dan 3 sudah berada di Kota Mekkah setelah menjalani Arbain selama delapan hari di Madinah. Hari ini giliran jemaah haji kloter 4 yang bertolak dari Madinah menuju Mekah. (*)

Tags:

PT Pertamina jamaah haji Haji 2024
04. Home Sidebar 1
05. Home Sidebar 2
04. Home Sidebar 1