Piala Dunia Bertepatan dengan Kampanye, Wapres: Jaga Kolaborasi dan Kondusivitas

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Naufal Ardiansyah

28 Juni 2023 06:09 28 Jun 2023 06:09

Thumbnail Piala Dunia Bertepatan dengan Kampanye, Wapres: Jaga Kolaborasi dan Kondusivitas Watermark Ketik
Wapres Ma'ruf Amin berikan keterangan pers. (Foto: Setwapres)

KETIK, JAKARTA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberi tanggapan terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-17 yang bertepatan dengan tahapan Pemilu 2024 dan kampanye.

Wapres mengimbau masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan dapat menjaga kondusivitas.

“Kita harapkan suasana Pemilu kondusif,” kata Wapres ketika memberikan keterangan pers usai melakukan Panen Udang Vaname di Kawasan Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK), Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Senin (26/6/2023).

Menurutnya, penyelenggaraan U-17 dan pelaksanaan tahapan pemilu dapat berjalan baik dengan adanya partisipasi dan kerja sama yang kolaboratif. Ia menyebut, kalau pemilu dilaksanakan dengan baik dan tidak ada konflik, maka Piala Dunia juga akan berjalan baik.

Lebih jauh, Wapres menekankan agar persiapan pemilu tidak menghambat perkembangan olahraga nasional. Terlebih Indonesia yang mendapatkan kesempatan besar untuk menunjukkan taringnya di kancah sepak bola internasional.

“Sebaiknya itu tidak menghambat berbagai kegiatan kita. Termasuk kegiatan ekonomi, kegiatan sosial, dan juga kegiatan ketika kita menjadi penyelenggara kompetisi besar,” katanya dilansir Setwapres.

Seperti diketahui, Federasi Sepakbola Internasional Football Association (FIFA) secara resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Penyelenggaraan ajang sepakbola bergengsi tersebut diagendakan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Di sisi lain, pada periode yang sama telah memasuki tahapan Pemilihan Umum (Pemilu). Yaitu masa pencalonan Presiden dan Wakil Presiden pada 19 Oktober 2023-25 November 2023 dan masa kampanye 28 November 2023-10 Februari 2024.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemilu Piala dunia Wapres Ma'ruf Amin