Pj Bupati Lumajang Apresiasi Peran Swasta dalam Menangani Kebakaran

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Marno

22 Oktober 2023 12:05 22 Okt 2023 12:05

Thumbnail Pj Bupati Lumajang Apresiasi Peran Swasta dalam Menangani Kebakaran Watermark Ketik
PJ. Bupati Lumajang Indah Wahyuni ketika mengunjungi pabrik Gasulindo pasca kebakaran (Foto : Kominfo)

KETIK, LUMAJANG – Penjabat (Pj) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni menilai penanganan kebakaran di Kabupaten Lumajang sudah baik, karena sudah terkoordinasi dengan beberapa lembaga lain, termasuk adanya peran swasta.

Hal ini disampaikan Indah Wahyuni saat mengunjungi lokasi kebakaran Gudang Plywood milik PT. Gasulindo di Desa Condro, Kecamatan Pasirian, Minggu (22/10/2023).

Indah Wahyuni juga mengatakan, pada kejadian kebakaran di PT. Gasulindo, penanganan tidak hanya dilakukan oleh Damkar Satpol PP Kabupaten Lumajang, melainkan ada beberapa Damkar dari perusahaan swasta yang turut berkontribusi membantu pemadaman api saat kebakaran berlangsung.

"Ini kolaborasi yang baik. Ada BPBD juga, ada Damkar dari perushaan swasta yang juga turut membantu," kata Indah Wahyuni.

Diketahui, kebakaran terjadi dua kali dalam sepekan, yaitu pada  20 Oktober dan 21 Oktober 2023 kemarin.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Lumajang, didampingi Kepala Dinas Sosial PPPA, Kalaksa BPBD, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Plt. Kepala Satpol PP dan Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang.

Kunjungannya tersebut untuk mengetahui kondisi pasca terjadinya kebakakaran yang menghanguskan hampir sebagian besar Gudang Plywood.

"Informasi yang saya terima, teman-teman ini sampai jam tiga pagi untuk memadamkan kebakaran yang ada di pabrik Gasulindo. Terima kasih kepada bapak-bapak semuanya yang bergerak cepat dan tanggap melakukan pemadaman," katanya kemudian.

Disampaikan lebih lanjut, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja perusahaan menderita kerugian material, bahkan ditaksir hingga miliaran rupiah."Risikonya memang ada kerugian harta benda, tapi tidak ada korban jiwa," jelasnya.

Sementara, dari hasil laporan Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang, kebakaran bermula saat salah satu mesin blower mengeluarkan api dan menyambar tumpukan serbuk kayu dan sebagian material Plywood.

Karyawan bagian blower melihat mesin tersebut mengeluarkan percikan api dan menyambar tumbukan serbuk kayu. Dipicu angin bertiup cukup kencang, api dengan cepat membakar tumbukan serbuk dan sebagian material plywood.

Satu unit mobil Damkar milik PT. Mustikatama tiba di lokasi langsung melakukan pembasahan lokasi kebakaran. Kemudian penanganan dilakukan oleh dua unit Damkar milik Pemkab Lumajang dan satu unit lagi Damkar milik PT Mustikatama, dibantu personel TRC BPBD Kabupaten Lumajang. (*)

Tombol Google News

Tags:

PJ Bupati Lumajang PT. Gasulindo berita lumajang hari ini Indah Wahyuni Pemkab Lumajang