Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Pastikan Jawa Timur Siap Laksanakan Coblosan Pemilu 2024

Editor: Fathur Roziq

13 Februari 2024 19:47 13 Feb 2024 19:47

Thumbnail Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Pastikan Jawa Timur Siap Laksanakan Coblosan Pemilu 2024 Watermark Ketik
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono (kanan) memberikan keterangan kepada awak media bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto dan Kajati Jatim Mia Amiati serta Wabup Sidoarjo H Subandi SH di Kantor Kecamatan Buduran pada Selasa (13/2/2024). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Persiapan pelaksanaan coblosan Pemilu 2024 di Kabupaten Sidoarjo semakin matang. Terutama, persiapan logistik pemilu yang akan digunakan hari ini, Rabu (14/2/202). Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono meninjau kesiapan pelaksanaan Pemilu 2024 di Sidoarjo itu pada Selasa (13/2/2024).

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono datang bersama Forkopimda Provinsi Jawa Timur. Ada Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, Pangdam V/Brawijaya Mayjen Rafael Granada Baay, Kajati Jatim Mia Amiati, dan Pangkoarmada II Laksda TNI Denih Hendrata.

Forkopimda Sidoarjo juga hadir. Ada Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi SH, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Christian Tobing, Kajari Sidoarjo Roy Rovalino Herudiansyah SH MH, serta Dandim 0816/Sidoarjo Letkol (Inf) Guntung Dwi Prasetyo.

Di jajaran penyelenggara Pemilu 2024, terlihat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim Choirul Anam, Ketua KPU Sidoarjo M. Iskak, serta Ketua Bawaslu Sidoarjo Agung Nugraha. Rombongan tiba di Kantor Kecamatan Buduran. Lalu, mengecek kesiapan logistik Pemilu 2024 di sana.

Setelah selesai pengecekan, Adhy Karyono memastikan semua kebutuhan logistik dipastikan sudah terdistribusi hingga ke tingkat desa dan kelurahan. Baik surat suara, kotak suara, formulir, dan sebagainya.

”Kami bersama Forkopimda, KPU, dan Bawaslu sudah meninjau kesiapan pemilu di beberapa titik. Dan kami sudah dapat memastikan Jawa Timur siap melaksanakan Pemilu 2024,” kata Adhy Karyono di Kantor Kecamatan Buduran.

Dia menambahkan, selain kesiapan logistik, prosedur pendistribusian juga sudah sesuai aturan. Akan ada pengawalan aparat keamanan hingga ke tempat pemungutan suara (TPS).

Tidak hanya itu. Antisipasi terkait kemungkinan banjir di wilayah Sidoarjo telah dilakukan. KPU dan Bawaslu Sidoarjo sudah melakukan sejumlah antisipasi.

”Kami sudah melakukan antisipasi. Misalnya menempatkan TPS di tempat yang aman dari banjir. Kami sudah prediksi yang kemungkinan tidak akan terjadi banjir besar,” ungkap Adhy Karyono.

Usai dari Sidoarjo, rombongan Forkopimda Jatim langsung berangkat menuju Kabupaten Gresik. Mereka mengecek kesiapan pelaksanaan dan pendistribusian kebutuhan Pemilu 2024.

Secara terpisah, Sekretaris KPU Sidoarjo Sulaiman menjelaskan, pengiriman kebutuhan logistik Pemilu 2024 melalui alur dari gudang KPU Sidoarjo dikirim ke PPK di setiap kecamatan. Dari PPK, logistrik dikirim ke desa dan kelurahan.

”Semua sudah siap dan akan terdistribusi tepat waktu sesuai prosedur,” ujarnya.

Bahkan, pengiriman logistik ke wilayah terpencil di Sidoarjo, seperti Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran; dan Dusun Kalikajang, serta Dusun Pucuan, Kelurahan Gebang, Sidoarjo, juga telah terkirim.

”Tadi pagi sudah kami kirim dengan perahu. Alhamdulillah pengiriman lancar,” jelasnya.(*)

Tags:

pemilu2024 pilpres2024 Plh Gubernur Jatim Adhy karyono Kapolda Jatim Pangdan V Brawijaya Kejati Jatim Kejari Sidoarjo Polresta Sidoarjo KPU Sidoarjo Bawaslu Sidoarjo KPU Jatim