Polres Probolinggo Sterilisasi Seluruh Gereja Jelang Misa Natal 2023

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Mustopa

25 Desember 2023 10:30 25 Des 2023 10:30

Thumbnail Polres Probolinggo Sterilisasi Seluruh Gereja Jelang Misa Natal 2023 Watermark Ketik
SISIR: Dua anggota Polres Probolinggo saat melakukan sterilisasi gereja menggunakan alat metal detektor/FOTO:Tunjung Mulyono/Ketik.co.id

KETIK, PROBOLINGGO – Kepolisian Resor Probolinggo (Polres Probolinggo) melakukan sterilisasi di seluruh gereja yang berada di wilayah hukumnya. Sterilisasi itu dilakukan untuk menjamin keamanan dan kelancaran perayaan ibadah Misa Natal bagi umat Nasrani di Kabupaten Probolinggo.

Tercatat ada 6 gereja di wilayah kabupaten Probolinggo yang disterilisasi oleh anggota Sat Sabhara Polres Probolinggo. 

Enam gereja yang dimaksud yakni Gereja Santa Paulus, Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), dan Gereja Bathel Injil sepenuh (GBIS) di Kecamatan Kraksaan, Gereja Kristus Tuhan Maranatha di kecamatan Paiton, Gereja GPDI Anugrah Leces di kecamatan Leces, serta Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) di Kecamatan Sukapura.

Kabag Ops Polres Probolinggo AKP Dugel mengungkapkan, prosedur sterilisasi gereja menjelang perayaan Natal ini merupakan upaya dari pihak kepolisian untuk memastikan jalannya perayaan Natal agar berlangsung dengan lancar dan khidmat.

"Kami akan selalu berupaya untuk memastikan keamanan dan kondusifitas wilayah, selama perayaan Natal. Salah satunya dengan melakukan sterilisasi di tempat ibadah Gereja," ujarnya, Senin (25/12/2023).

Disebutkannya, sterilisasi ini dilakukan kurang lebih selama 30 menit dengan menyisir setiap sudut bangunan gereja menggunakan metal detektor guna memastikan tidak adanya benda asing yang dapat membahayakan atau berpotensi mengganggu jalannya ibadah Misa Natal bagi umat Nasrani.

"Jadi kami sisir secara teliti menggunakan alat metal detektor yang sudah kami siapkan. Termasuk nantinya bagi para jemaat gereja, juga akan kami pindai pakai alat metal detektor itu," sebutnya.

Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana menambahkan, pengamanan jalannya ibadah Misa Natal bagi umat Nasrani dilaksanakan secara terencana dan proporsional. Pihak kepolisian juga melibatkan pengamanan internal dari gereja dan juga TNI, serta instansi terkait untuk membantu pengamanan perayaan Natal.

"Proses pengamanan dilakukan terbuka dan tertutup. Termasuk melibatkan petugas keamanan dari jajaran kepolisian dan TNI serta instansi terkait," imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang Pendeta GKJW Kraksaan, Kabupaten Probolinggo Pdt. Josephine Christina menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya terhadap pengamanan yang dilakukan oleh pihak Polres Probolinggo.

"Terima kasih untul pengamanan yang diberikan oleh pihak Kepolisian dari Polres Probolinggo, semoga perayaan natal kali ini bisa berjalan dengan aman dan lancar," katanya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Natal gereja probolinggo