Potensi Hujan Jadi Tantangan Saat Pengiriman Logistik Pilkada di Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

15 Oktober 2024 15:30 15 Okt 2024 15:30

Thumbnail Potensi Hujan Jadi Tantangan Saat Pengiriman Logistik Pilkada di Kota Batu Watermark Ketik
Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Musim hujan yang telah terjadi di Kota Batu menjadi perhatian dan tantangan tersendiri bagi KPU Kota Batu dalam pendistribusian logistik Pemilu 2024. Potensi hujan juga telah diantisipasi.

Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto menyampaikan telah melakukan persiapan untuk mengatasi hujan saat pendistribusian logistik. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan BMKG untuk bisa memperkirakan cuaca yang akan terjadi.

"Setelah memperkirakan cuaca kami akan mempersiapkan Armada kami akan menggunakan Armada yang tertutup dalam hal pengiriman karena logistik banyak berbahan dari kertas," ujarnya, Selasa 15 Oktober 2024.

Selain itu, KPU juga akan memastikan bahwa gudang logistik dan TPS Pilkada Kota Batu nanti harus bebas dari gangguan musim hujan. Heru meminta Badan Adhoc untuk mendirikan TPS di Gedung saja. Jika terpaksa mendirikan tenda, maka tenda tersebut harus dilapisi sebagai antisipasi gangguan hujan.

"Mudah-mudahan ya cuaca hujan ini bisa kita antisipasi, makanya dalam pembuatan TPS maupun gudang logistik harus benar-benar aman dari hujan," tegasnya.

Selain itu, Heru menyampaikan , pihaknya telah menerima logistik Pilkada 2024..Sejumlah logistik yang sudah datang itu diantaranya seperti kotak suara, kabel ties dan tinta, bilik suara dan segel.

Heru menjelaskan, dari kebutuhan logistik kotak suara sebanyak 610 buah. KPU Kota Batu telah menerima sebanyak 607 buah kotak suara. Sehingga masih kurang tiga buah kotak suara. 

"Kemudian dari 607 buah kotak suara tersebut, setelah dilakukan penyortiran diketahui 599 kotak suara dalam kondisi baik dan delapan kotak suara dalam keadaan rusak.

Kemudian untuk logistik berupa kabel ties, dari jumlah kebutuhan 3.624 buah, KPU Kota Batu baru menerima sebanyak 3.409 buah kabel ties atau masih kurang sebanyak 215 buah kabel ties. Dari jumlah kabel ties yang telah diterima itu semuanya dalam keadaan baik. 

"Nantinya logistik-logistik ini akan disebar ke 302 TPS yang ada di 19 desa dan lima kelurahan Kota Batu di H - 1" tambah Heru.

Kemudian, Heru menyebutkan, pihaknya juga menerima logistik berupa karet pengikat surat suara, kantong plastik, bolpoin, spidol, stiker, lebel, alat bantu tuna netra, daftar paslon, salinan DPT, salinan DPTB, kotak hasil, kotak hasil TPS dan kotak Hasil rekapitulasi PPK.

Lalu untuk logistik tinta, dari jumlah kebutuhan sebanyak 604 botol, KPU Kota Batu telah menerima sebanyak 597 botol tinta dan kurang tujuh botol tinta. 

"Untuk logistik yang belum datang, diantaranya seperti surat suara, formulir C hasil, sampul alat coblos, tanda pengenal KPPS, petugas ketertiban TPS, dan saksi. Kami akan berkordinasi dengan KPU Jatim," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pilkada 2024 Logistik KPU Kota Batu