Profil Jeje Wiradinata dan Ronald Surapradja yang Diusung PDIP di Pilgub Jabar 2024

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

30 Agustus 2024 08:30 30 Agt 2024 08:30

Thumbnail Profil Jeje Wiradinata dan Ronald Surapradja yang Diusung PDIP di Pilgub Jabar 2024 Watermark Ketik
Pasangan Jeje Wiradinata dan Ronald Surapradja. (Foto: Instagram @sobatmuda_onsu)

KETIK, BANDUNG – PDIP mengumumkan mengusung Jeje Wiradinata yang merupakan Mantan Bupati Pangandaran dan pemain film Ronald Surapradja untuk bertarung di Pilgub Jabar 2024.

Partai banteng moncong putih itu resmi mendaftarkan kadernya sendiri di menit-menit terakhir sebelum KPU menutup masa pendaftaran Pilkada pada Kamis 29 Agustus 2024.

Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono menjelaskan Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja mendaftar di menit akhir pendaftaran peserta Pilkada Jabar 2024. Bahkan, Jeje dan Ronal tidak hadir secara langsung ke KPU Jabar, saat didaftarkan. 

"Alhamdulillah PDIP menjadi partai yang terakhir mendaftarkan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat, yaitu bapak Jeje Wiradinata dan calon wakil gubernur bapak Ronal Surapradja. Sekali lagi ini merupakan sebuah hal yang mengejutkan buat kawan-kawan sekalian," jelasnya.

Berikut Profil Jeje Wiradinata

Jeje Wiradinata adalah politikus dari PDIP yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Pangandaran selama dua periode. Ia lahir pada 14 Februari 1965 di Pangandaran.

Jeje menghabiskan masa kecilnya di tanah kelahirannya, Jeje mengawali pendidikan dengan bersekolah di SD Negeri 8 Pangandaran, lulus tahun 1978. Kemudian, menuntut ilmu di SMP Negeri 1 Pangandaran, lulus tahun 1981.

Jeje Wiradinata melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri 1 Ciamis, lulus pada tahun 1984. Selanjutnya Ia melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Jeje berpindah ke Jakarta dan menamatkan pendidikan di Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP) Jakarta pada tahun 1988.

Sebelum berkecimpung di dunia politik, Jeje pernah bekerja di sejumlah perusahaan. Ia tercatat pernah menempati posisi sebagai staf ahli Samudra Farmindo Luas pada tahun 1987-1991.

Profil Ronald Surapradja

Ronal, yang lahir pada 26 Mei 1977, adalah seorang artis berdarah Sunda yang dikenal luas melalui perannya di acara komedi "Extravaganza" di TransTV.

Selain itu, Ronald juga dikenal sebagai penyiar radio di Jak FM melalui acara "Sarapan Seru Ronal Tike" dan anggota klub motor The Prediksi yang didirikan oleh Andre Taulany.

Ia menikah dengan Seruni Purnamasari pada 25 Mei 2008 dan dikaruniai dua anak. Namun, pernikahan mereka berakhir dengan perceraian pada 23 Juni 2023.

Meski dikenal sebagai sosok yang humoris dan ringan, Ronal juga memiliki pengalaman di bidang politik. Pada Pemilu 2024, ia maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari daerah pemilihan Jawa Barat XI melalui PDIP, meski tidak terpilih.

Penunjukan pasangan Jeje-Ronal di Pilgub Jabar ini dilakukan menjelang batas akhir pendaftaran di KPU pada Kamis 29 Agustus 2024 malam atau jelang pergantian hari. (*) 

Tombol Google News

Tags:

PDIP pilgub jabar 2024 Pilkada 2024 Jeje Wiradinata Ronald Surapradja KPU KPU Jabar ono surono