Raker di Yogyakarta, Kapasitas Anggota dan Melek Literasi Jadi Fokus Persatuan Jurnalis Sampang

Jurnalis: Mat Jusi
Editor: Mustopa

9 September 2024 17:15 9 Sep 2024 17:15

Thumbnail Raker di Yogyakarta, Kapasitas Anggota dan Melek Literasi Jadi Fokus Persatuan Jurnalis Sampang Watermark Ketik
Persatuan Jurnalis Sampang (PJS) saat Raker di Yogyakarta (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id).

KETIK, SAMPANG – Persatuan Jurnalis Sampang (PJS) menggelar rapat kerja pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 di Yogyakarta. 

Para pengurus PJS menyepakati empat program kerja selama satu tahun. Pertama, program literasi dan melek media yang menyasar sekolah, pesantren, dan masyarakat desa. 

Kedua, pelatihan peningkatan kapasitas anggota dan pengurus PJS, baik berupa pelatihan kepenulisan atau keikutsertaan dalam Uji Komptensi Wartawan (UKW). 

Ketiga, program sosial berupa santunan yang sudah menjadi agenda wajib setiap tahun. Keempat, workshop atau seminar tentang tangkal hoax dan ajakan mewujudkan pilkada damai. 

"Keempat program ini sudah diputuskan berdasarkan hasil rapat," terang Pembina PJS, Hanafi, Senin 9 September 2024.

Kata dia, selama satu tahun ke depan, PJS ingin fokus pada peningkatkan sumber daya manusia dan kemampuan literasi. Dia berharap program tersebut akan terealiasasi sepenuhnya. 

"Agenda terdekat adalah workshop soal tangkal hoax dan pilkada damai, sebab kita amati menjelang pilkada ini banyak sekali informasi yang berseliweran di ruang digital," ujarnya. 

Hanafi juga berharap soliditas dan solidaritas dari seluruh pengurus PJS untuk sama-sama menyatukan visi dan misi dalam penguatan literasi.

"Fokus kita pada program kerja itu pada peningkatan literasi, baik internal PJS dan juga masyarakat," pungkas Hanafi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Rapat Kerja PJS Yogyakarta