Ratusan Juta Rupiah Bantuan Domba Mengalir di Hari Jadi ke-279 Kabupaten Pacitan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

20 Februari 2024 06:53 20 Feb 2024 06:53

Thumbnail Ratusan Juta Rupiah Bantuan Domba Mengalir di Hari Jadi ke-279 Kabupaten Pacitan Watermark Ketik
Wajah sumringah iringi prosesi penyaluran bantuan ternak, berjenis domba kepada warga pencari rumput. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Pada momen spesial hari jadi ke-279 Kabupaten Pacitan, sejumlah warga RT 1 RW 2, Dusun Nglaos, Desa Banjarjo, mendapatkan berkah. Mereka menerima bantuan domba berjumlah ratusan ekor.

Bantuan ini berasal dari Baznas RI senilai 500 juta rupiah. Diwujudkan, dalan bentuk balai ternak lengkap dengan domba yang berjumlah 185 ekor.

Balai tersebut nantinya akan dikelola mandiri oleh kelompok yang terdiri dari 20 peternak. Para pencari rumput itu, terhimpun dalam anggota kelompok yang diberi nama "Banjarjo Farm".

Pantauan ketik.co.id, penyerahan bantuan Balai Ternak ini disambut dengan antusias oleh warga. Senyum mereka tak henti-hentinya mengembang melihat domba gemuk-gemuk yang kini jadi miliknya.

Mereka berharap bantuan ini dapat menjadi modal awal untuk mengembangkan usaha ternak mereka.

Selain domba, bantuan tersebut juga meliputi peralatan kandang dan stimulan pakan.

Sementara itu, Pimpinan Baznas RI Pembina wilayah provinsi Jawa Timur, Nur Chamdani, menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan bagian dari program Baznas untuk membantu masyarakat prasejahtera di seluruh Indonesia.

"Kami berharap bantuan ini dapat membantu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dari mulai pemberian modal, pendampingan hingga tercapainya target kemandirian ekonomi," katanya saat memberikan sambutan dalam acara peluncuran Balai Ternak Baznas Banjarjo Farm, Selasa (20/2/2024).

Foto Kelompok Balai Ternak Domba yang menerima manfaat, dalam acara simbolis penyerahan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)Kelompok Balai Ternak Domba yang menerima manfaat, dalam acara simbolis penyerahan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

Ia mengingatkan, bahwa penyaluran bantuan yang bersumber dari zakat tersebut harapannya adalah berkelanjutan alias dikembangkan guna merangsang peningkatan pendapatan masyarakat kini dan di masa mendatang.

"Penyaluran zakat kepada penerima harus tepat sasaran. Namun utamanya adalah domba yang telah di perbantukan ini tidak boleh langsung dijual, tetapi dikembangkan agar beranak-pinak," terangnya 

Kepala Bagian Kesra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, Ali Basith yang hadir dalam penyerahan bantuan tersebut, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Baznas Pusat atas kepeduliannya terhadap masyarakat Pacitan.

"Bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan ekonomi keluarga," sambutnya Ali Basith, mewakili Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji.

Pemkab Pacitan berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat membuka lapangan kerja untuk warga sekitar.

Lebih lanjut, pihaknya berharap bantuan ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih giat beternak kambing dan meningkatkan kesejahteraan para peternak.

"Bantuan kambing ini dirasa sama penting bagi warga, untuk kesejahteraan. Ucap terimakasih kepada para penyalur yang telah rela menyisihkan rezekinya hingga dapat diterima oleh penerima manfaat," tambah Kabag Ali Basith.

Mewakili penerima manfaat, Kepala Desa Banjarjo, Pambudianto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dalam upaya pentasyarufan zakat tersebut. Harapannya, para muzakki mendapatkan balasan baik dari Allah SWT.

"Terima kasih, mudah-mudahan dari beternak kambing ini dapat menjadi rezeki dan berkah bagi warga Banjarjo. Agar ke depannya nanti dapat menjadi keberkahan untuk semua. Aamin," pungkas Kades Pambudianto.

Adapun tamu undangan yang hadir di.antaranya yakni, Perwakilan Baznas Pusat, Kepala Baznas Provinsi Jawa Timur, Kepala Baznas Kabupaten Pacitan, Camat Kebonagung, Kepala Desa Banjarjo dan warga setempat ikut menyaksikan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Jadi Pacitanke-279 pacitan Banjarjo Bantuan Domba