Rektor Unair Bicara Makna Kemerdekaan dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

18 Agustus 2024 05:29 18 Agt 2024 05:29

Thumbnail Rektor Unair Bicara Makna Kemerdekaan dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045 Watermark Ketik
Rektor Universitas Airlangga M Nasih saat ditemui di kantornya. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Rektor Universitas Airlangga (Unair) M Nasih mengatakan, ada berbagai macam bentuk kemerdekaan yang harus diperjuangkan, salah satunya adalah kemerdekaan finansial.

Menurutnya, agar bisa mencapai kemerdekaan finansial, seseorang harus mempu memanfaatkan kreativitasnya agar menjadi pribadi yang produktif.

"Sepanjang bisa memanfaatkan kreativitas dengan baik. Kreativitas menjadikan seseorang mampu memanfaatkan waktunya untuk hal yang produktif dan bermanfaat,” jelas Nasih, Sabtu (17/8/2024).

Ia menambahkan, sebagai institusi pendidikan, Unair senantiasa membekali para mahasiswa untuk bisa menjadi pribadi yang kreatif dengan beragam pengembangan diri. Hal ini penting untuk mencetak lulusan yang produktif dan bisa meraih kemerdekaan finansial.

"Fasilitas pengembangan diri yang Unair miliki bisa mahasiswa manfaatkan dengan baik. Fasilitas ini akan melatih kreativitas dan kemandirian mereka," tambahnya.

Lebih lanjut, untuk mendukung program Indonesia Emas 2045 yang digaungkan oleh pemerintah, perlu dilakukan pengembangan sumber daya manusia (SDM) secara lebih masif. Hingga saat ini pengembangan SDM di Indonesia memang masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah.

"Tantangan sangat berat utamanya berkaitan dengan SDM. Jumlah penduduk sebagai bonus demografi harus dikelola dengan baik," paparnya.

Salah satu cara meningkatkan kualitas SDM adalah melalui peningkatan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan yang baik akan menciptakan SDM yang berkualitas. Investasi yang berfokus pada peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu pondasi yang kuat untuk meraih Indonesia Emas 2045.

"Apabila investasi berfokus pada peningkatan kualitas SDM, saya rasa Indonesia Emas 2045 dapat kita raih,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kemerdekaan RI ke-79 Indonesia Emas 2045 Unair M Nasih Rektor Unair