Rempah Khas Indonesia Kecombrang Hadirkan Beragam Manfaat Baik Bagi Tubuh

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

18 Januari 2024 00:15 18 Jan 2024 00:15

Thumbnail Rempah Khas Indonesia Kecombrang Hadirkan Beragam Manfaat Baik Bagi Tubuh Watermark Ketik
Bunga kecombrang. (Foto/pixabay)

KETIK, JAKARTA – Kecombrang menjadi salah satu rempah-rempah yang sering digunakan saat mengolah makanan. Menariknya lagi, hampir semua bagian dari kecombrang bisa dimanfaatkan, nulai dari bagian bunga hingga batangnya.

Kecombrang, kantan, atau honje adalah sejenis tumbuhan yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran dan memiliki rasa asam sepat yang membuat rasa makanan semakin unik. 

Kecombrang juga menyimpan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, manfaat kecombrang untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat kecombrang untuk kesehatan tubuh, di antaranya: 

1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat pertama dari tanaman ini adalah kemampuannya untuk mengontrol kadar gula darah. Kecombrang memiliki sifat antihiperglikemik yang mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di dalam usus. Kadar gula darah dapat dikendalikan agar tetap stabil.

2. Meredakan Panas Dalam

Bagi penderita panas dalam, tidak ada salahnya untuk memilih rempah ini. Kecombrang mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat meredakan gejala panas dalam.

3. Melancarkan ASI

Bagi ibu yang sedang menyusui, mengonsumsi kecombrang memiliki kegunaan untuk melancarkan peredaran ASI. Mengkonsumsi sayuran, buah-buahan termasuk kecombrang dapat membantu mendapatkan ASI dalam jumlah yang cukup.

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Gigi

Kecombrang juga mampu meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. Pasalnya, kecombrang memiliki kandungan mineral yang tinggi. Tanaman ini baik untuk pertumbuhan anak-anak.

5. Membentuk Otot

Kecombrang mengandung 541 mg kalium dalam setiap 100 gram yang memiliki peran besar bagi tubuh, salah satunya membentuk otot. Kalium dalam buah kecombrang juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan lainnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

makanan kesehatan Rempah Kecombrang sayuran Vitamin