Renovasi Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang Capai 20 Persen

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

29 Desember 2023 07:00 29 Des 2023 07:00

Thumbnail Renovasi Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang Capai 20 Persen Watermark Ketik
Kondisi terkini Renovasi Stadion Kanjuruhan di Kepanjen, Kabupaten Malang. (Foto: Binar Gumilang/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pengerjaan renovasi Stadion Kanjuruhan terus dilakukan PT Waskita Karya dan PT Brantas Abipraya. Jelang akhir tahun 2023, progres renovasi stadion yang berlokasi di Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut mencapai 20 persen.

Projects Manager PT Waskita Karya Vino Teguh Pramudia mengatakan, progres fisik meliputi penggantian beberapa aset lama yang ada di stadion tersebut sudah dilakukan.

"Jadi, memang aset-aset lama yang sudah ada beberapa kami ganti. Seperti tiang lampu sudah roboh sudah kami turunkan. Kemudian kami ganti dengan tiang-tiang baru yang berada di area luar," ujar Vino, Jumat (29/12/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk penggantian tiang lampu dipastikan memiliki sertifikat laik fungsi. "Ketinggian tiang lampu juga kami tambah. Untuk bagian lainnya juga banyak dibongkar. Selain lampu, ada nanti perbaikan tribun," terangnya.

Kemudian, masih kata Vino, tata ruang Stadion Kanjuruhan yang lama juga akan diganti semua dan akan dilaksanakan pembongkaran. Semua renovasi dilakukan secara massif.

"Untuk pembongkaran aset banyak sekali yang kami bongkar," ucapnya. Menurutnya, hingga sejauh ini PT Waskita Karya tidak menemukan kendala terkait renovasi Stadion Kanjuruhan.

"Jadi, kita bisa kerja lancar, kerja cepat juga. Karena kita di rencana pada akhir tahun hanya mencapai 8 persen, tapi saat ini bisa mencapai 20 persen. Hal ini sebagai bukti bahwa pelaksanaan renovasi Stadion Kanjuruhan berjalan dengan lancar. Tidak ada halangan atau mungkin kendala," bebernya.

Masih kata Vino, meski sudah terjadi percepatan renovasi Stadion Kanjuruhan, pihaknya belum bisa menentukan pasti waktu rampungnya pembangunan.

"Sesuai dengan kontrak selesai di Desember. Saat ini sudah dilakukan penguatan struktur sudah 90 persen dilaksanakan," ucapnya.

Sedangkan untuk museum mengenang Tragedi Kanjuruhan kata ia juga disiapkan di area pintu 13.

Sebagai informasi, renovasi Stadion Kanjuruhan menelan anggaran APBN sebesar Rp 331 Miliar. Dana tersebut untuk penguatan struktur stadion, pergantian akses tangga, penggantian atap, layout keamanan, penggantian rumput, dan penggantian lampu-lampu stadion.(*)

Tombol Google News

Tags:

Renovasi Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang