Salam Pramuka! Ini Logo dan Tema HUT Ke-63 Pramuka

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

12 Juli 2024 06:30 12 Jul 2024 06:30

Thumbnail Salam Pramuka! Ini Logo dan Tema HUT Ke-63 Pramuka Watermark Ketik
Logo dan Tema HUT Ke-63 Pramuka. (Foto: Dok Kwartir Nasional Gerakan Pramuka)

KETIK, SURABAYA – Kwartir Nasional telah meluncurkan tema dan logo dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang Ke-63. Apa makna tema dan logo HUT Pramuka ke-63?.

Umumnya, HUT Pramuka dirayakan dengan serangkaian kegiatan hingga mencapai puncaknya pada 14 Agustus 2024. Kegiatan tersebut berupa lomba hingga upacara bendera.

Mengutip SK Kwarnas Nomor 104  tahun 2024 Tema HUT Pramuka ke-63 memiliki arti yaitu Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI, tema ini memiliki filosofi adalah secara keseluruhan logo 63 tahun Gerakan Pramuka diharapkan bisa membangun citra positif gerakan pramuka. Serta setiap insan pramuka selalu berjiwa Pancasila dan turut serta menjaga keutuhan NKRI.

Mengenai Logo HUT Pramuka Ke-63, angka 6 dan 3 berlatar warna merah, merupakan angka Ulang Tahun yang ke-63. Angka 6 adalah hasil stilasi dari kelopak tunas yang menopang angka 3. Logogram tunas menjadi satu kesatuan yang kokoh.

Sejarah Gerakan Pramuka Indonesia

Gerakan Pramuka Indonesia dimulai pada awal abad ke-20 dan mengalami perkembangan signifikan hingga saat ini. Berikut adalah sejarah singkatnya:

1. Awal Pembentukan:
   - Gerakan kepanduan di Indonesia dimulai dengan berdirinya Javaansche Padvinders Organisatie (JPO) di Surakarta pada tahun 1912 oleh S.P. Mangkunegara VII.

  - Organisasi kepanduan lainnya juga terbentuk, seperti Nederland Indische Padvinders Vereniging (NIPV) oleh bangsa Belanda pada tahun 1916.

2. Masa Pra-Kemerdekaan:
   - Perkumpulan kepanduan terus berkembang dengan berdirinya organisasi seperti Jong Java Padvinderij (JJP) pada tahun 1923, Hizbul Wathan (HW), dan Sarekat Islam Afdeling Pandu (SIAP).

   - Gerakan ini digunakan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan pemuda Indonesia.

3. Setelah Kemerdekaan:
   - Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, berbagai organisasi kepanduan semakin berkembang.

   - Pada tahun 1951, Persatuan Kepanduan Indonesia (Perkindo) dibentuk sebagai federasi dari berbagai organisasi kepanduan.

4. Pendirian Gerakan Pramuka:
   - Pada tanggal 14 Agustus 1961, Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961, resmi mendirikan Gerakan Pramuka.

   - Semua organisasi kepanduan dilebur menjadi satu di bawah naungan Gerakan Pramuka.

5. Perkembangan Modern:
   - Gerakan Pramuka terus berkembang dengan berbagai kegiatan yang meliputi pendidikan kepramukaan, pelatihan keterampilan, dan program-program sosial.

   - Pramuka Indonesia aktif dalam kegiatan kepanduan internasional melalui World Organization of the Scout Movement (WOSM).

Gerakan Pramuka Indonesia telah memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan keterampilan generasi muda serta mempromosikan nilai-nilai positif di seluruh Indonesia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kwartir Nasional Logo Pramuka HUT Pramuka ke-63 Logo HUT Pramuka HUT Pramuka 2024