Sambut Hari Raya, Hampers Lebaran Roti Khas Hungaria

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Rudi

30 Maret 2023 08:50 30 Mar 2023 08:50

Thumbnail Sambut Hari Raya, Hampers Lebaran Roti Khas Hungaria Watermark Ketik
Kue khas dari negara Hungaria yang satu-satunya di Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id) 

KETIK, SURABAYA – Roti khas dari negeri Hungaria ini adalah Kurthos yang memiliki bentuk seperti cerobong asap dan memiliki tekstur lembut dengan berbagai rasa yang menjadi primadona. 

Kurthos atau disebut Chimney Cake pembuatannya sangat unik dengan digulung di sebuah wooden spit yaitu alat khusus agar roti ini berbentuk seperti cerobong asap.

Foto Adinda Pramesditya dan Michael Pham sebagai Owner The Kurshtop. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Adinda Pramesditya dan Michael Pham sebagai Owner The Kurshtop. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Dijelaskan oleh Adinda Pramesditya dan Michael Pham sebagai owner The Kurshtop makanan ini satu-satunya yang ada di Surabaya. 

"Terus kita merindukan salah satu dessert dari Sydney ini, eh ini (kurthos) kok ngga ada ya di Surabaya akhirnya kita bikin kita invest di ovenya kayaknya orang Surabaya bakal suka," ungkap Dinda. 

Yang unik dari Kurshtop ini yaitu setiap kurthos harus dibuat secara fresh sehingga memiliki cita rasa yang pas, butuh waktu pemanggangan kurang lebih 10 hingga 15 menit. 

Untuk Kurshtop menyajikan beberapa rasa yang disukai masyarakat Surabaya seperti Belgian cokelat, lemon gurd, Thai milk tea dan yang paling recomanded ada ritz cheese. 

"Untuk rasa ube (ubi ungu) dalamnya ube kita coating pake regal ini memang khusus untuk Ramadan," ujar Dinda. 

Dinda juga menjelaskan bisnis ini muncul saat pandemi karena banyak menghabiskan waktu di rumah, sehingga dia rindu akan makanan khas dari Eropa. 

"Berawal dari baking-baking di rumah jadi open pre order, dia (Michael) bikin roti-roti asal Polandia gitu, buka pre order di instagram responnya baik tapi kayak kurang unik," tuturnya. 

Mengenai resep yang didapat, Dinda mengungkapkan mencari resep terbaik dengan Michael agar rasa kurtosh ini otentik seperti di negara Hungaria. 

"Kita trial pertama kali itu dua bulan tiga bulan hanya untuk coba-cobain rasa cinamon, kita nyobain tester ke keluarga dulu dan temen mereka semua bilang enak," jelasnya. 

Foto Mecca Set dari Kurshtop. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Mecca Set dari Kurshtop. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Mengenai Ramadan kali ini, Kurshtop meluncurkan paket hammpers yang disebut Mecca Set. Hammpers ini berisikan ube regal Kurtosh, chocolate Kurtosh dan mini nastar tart dengan Ramadan tag. 

Untuk jam buka Kurshtop mulai Rabu hingga Minggu 10.00 hingga 20.00 WIB, mengenai harga mulai dari Rp. 30 ribu. 

Yang ingin mencoba langsung, yuk mampir di The Kurshtop di Jl Trunojoyo No.76, Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya atau bisa pesan melalui media sosial. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kurtosh Kurshtop Hungaria roti kue chimney cake hammpers