Sambut HUT ke 72, Kabaharkam Ingin Perkuat Peran Sabhara di Masyarakat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

15 Maret 2024 13:03 15 Mar 2024 13:03

Thumbnail Sambut HUT ke 72, Kabaharkam Ingin Perkuat Peran Sabhara di Masyarakat Watermark Ketik
Upacara HUT ke-72 Kosabhafa Baharkam Polri (Foto: Baharkam Polri)

KETIK, DEPOK – Merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-72, Korsabhara Baharkam Polri menggelar upacara di Lapangan Mako Korsabhara, Depok.

Dalam kesempatan tersebut, Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran menjelaskan tengah mempersiapkan shelter sendiri bagi patroli perintis presisi.

Persiapan shelter ini sebagai upaya untuk mengembalikan tugas Sabhara Perintis sebagaimana fungsi utamanya yakni untuk memberikan perlindungan, pertolongan, pelayanan kepada masyarakat

"Momentum peringatan hari lahir Sabhara Polri ini akan kami jadikan sebagai momentum untuk mengembalikan Sabhara Perintis yang pada awal pembentukannya. Terutama terkait pelaksanaan patroli," kata Komjen Fadil, Kamis (14/3/2024).

Fadil menambahkan, dengan adanya fasilitas ini maka nantinya semua patroli sabhara akan dipusatkan di shelter termasuk berangkat patroli dan kembali patroli.

Selain itu untuk mendukung manajemen patroli yang optimal, semua perlengkapan dan kontrol lapangan akan dioptimalkan.

"Ke depan kami berharap patroli dilaksanakan dari shelter patroli. Jadi ke depan rencananya kami akan membuat shelter patroli sehingga semua mobil patroli bisa berkumpul disitu," tambahnya.

Lebih lanjut, selain memiliki fungsi patroli seperti pengamanan kegiatan masyarakat, sabhara juga memiliki tugas SAR terbatas dalam hal penanganan kebencanaan mengingat Indonesia merupakan negara yang cukup rawan bencana.

"Jadi ke depan fungsi-fungsi Sabhara yang dimiliki oleh Sabhara Polri akan terus kita kuatkan khususnya kehadiran Sabhara Polri dalam bentuk patroli,"pungkasnya.(*)

Tags:

Polri Kabaharkam Komjen Fadil Imran Sabhara Shelter Patroli pengamanan masyarakat