Sapa Masyarakat Konservasi di Kota Batu, Gubernur Jatim Dorong Pemulihan Ekosistem Pasca Karhutla

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

24 Desember 2023 10:00 24 Des 2023 10:00

Thumbnail Sapa Masyarakat Konservasi di Kota Batu, Gubernur Jatim Dorong Pemulihan Ekosistem Pasca Karhutla Watermark Ketik
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bibit pohon dalam kegiatan Sapa Masyarakat Konservasi di Pemandian Air Panas Cangar, Kota Batu, Minggu (24/12/2023). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri kegiatan Sapa Masyarakat Konservasi di Pemandian Air Panas Cangar, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Minggu (24/12/2023).

Menurutnya, Sapa Masyarakat Konservasi sebagai bentuk komitmen pemulihan ekosistem hutan usai kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo.

"Kita telah memulai pengembalian ekosistem untuk wilayah Arjuna, Welirang dan Anjasmoro. Agustus kemarin kita bersama-sama elemen Masyarakat Peduli Api, kepala desa. Kita juga dibantu Armada helikopter dari BNPB," urainya.

Dalam kesempatan itu, Khofifah menyerahkan bantuan 7 ribu bibit pohon cemara dan ecalytpus secara simbolis. Bantuan bibit tersebut merupakan bentuk aksi pemulihan ekosistem.

Bibit pohon tersebut diserahkan kepada Masyarakat Peduli Api untuk ditanam di area bekas kebakaran.

Lalu, Khofifah juga memberikan alat pengendalian kebakaran hutan. Yaitu 6 unit pompa air portable, 4 unit pemotong rumput, dan 4 unit chain saw/gergaji mesin, serta 2 unit mobil dan 4 unit sepeda motor.

"Saya ingin mengajak kepada kita semua, jaga daya dukung alam, jaga hutan kita. Hutan kita adalah paru-paru dunia, semua orang sudah tahu," jelasnya.

Khofifah mengatakan, kebakaran hebat yang melanda kawasan Tahura pada bulan Agustus hingga Oktober menyebabkan kerusakan hutan seluas 4.767,24 hektar. Pohon-pohon terbakar, tumbuhan bawah habis, dan banyak satwa kehilangan habitatnya.

"Tidak sekadar itu, tapi vegetasi di bawah tanah juga kita nggak bisa menghitung itu nilainya berapa. maka kita membangun kembali komitmen untuk bisa mengembalikan ekosistem," ulas Khofifah 

Dalam kesempatan itu pula, Khofifah memberikan apresiasi kepada mereka yang telah berjasa dalam penanganan kebakaran hutan di Tahura, yakni Masyarakat Peduli Api (MPA), kepala desa penyangga, TNI/Polri, dunia usaha dan instansi pemerintah. 

"Hari ini kita menyampaikan terima kasih kepada semua pihak sambil mengajak kepada semua pihak jaga hutan kita, lestarikan hutan kita," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Sapa Masyarakat Konservasi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa