Satu Kapal Nelayan Ditemukan Terdampar di Pulau Birahan Gosong

Jurnalis: Zailani Bako
Editor: Muhammad Faizin

16 September 2024 20:05 16 Sep 2024 20:05

Thumbnail Satu Kapal Nelayan Ditemukan Terdampar di Pulau Birahan Gosong Watermark Ketik
Satu kapal nelayan ditemukan terdampar di pulau Birahan gosong akibat amukan badai. (Foto: Zailani Bako/ Ketik.co.id )

KETIK, ACEH SINGKIL – Hujan deras dan angin kencang pada, Senin subuh mengakibatkan satu kapal nelayan penangkap ikan ditemukan terdampar di perairan Gosong Telaga Singkil Utara. 

Peristiwa ini terjadi, Senin subuh, sekitar pukul, 05.00 WIB, di perairan Gosong Telaga Utara, persis nya di Pulau Birahan, Singkil. 

“Alhamdulillah, semua ABK kapal dinyatakan selamat dari peristiwa itu, “ kata Khairuddin, pemilik kapal, Senin, 16 September 2024 di Pulo Sarok. 

Pagi itu, kata Khairuddin, menirukan ABK nya, bahwa saat itu, hujan deras disertai angin kencang tiba-tiba melanda. Para ABK panik dan kesulitan mengendalikan kapal motor. 

“Badai kencang menyebabkan kapal rusak dan patah di bagian tengah, air mengalir deras masuk ke dalam kabin, “ katanya.

Beruntung, kapal berhasil di evakuasi bersama 5 awak ABK, “ alhamdulillah dan terima kasih di ucapkan atas bantuan nya,” ujar Khairuddin, pemilik KM Kaila. 

Penuturan ABK, Syamsul Bahri, pada ketik. co. Id, saat ditanyai, mengatakan bahwa awal nya, mereka memasang jaring untuk perangkap ikan. Tiba-tiba saja hujan deras dan badai kencang melanda. 

“Kami sangat kebingungan seketika dan berupaya mengendalikan kapal dengan segenap kemampuan. Namun kapal terlanjur bocor besar, air mengalir deras masuk ke kabin, “ tutur Syamsul. 

Berkat kordinasi dan respon cepat nelayan bersama panglima laut, kepolisian serta perangkat desa kapal bisa di evaluasi, “alhamdulillah semua sehat wal'afiat, “

Ke-5 ABK yang berhasil di evakuasi yakni, Syamsul Bahri, Sahmansyah, Ahlan Murni Lubis, Rabusin Brampu dan Dedi Limbong.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kapal Nelayan terdampar Pulau Birahan Gosong badai