Sekda Jabar: Cegah Stunting Sejak Sebelum dan Sesudah Kelahiran

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

21 Juli 2024 08:04 21 Jul 2024 08:04

Thumbnail Sekda Jabar: Cegah Stunting Sejak Sebelum dan Sesudah Kelahiran Watermark Ketik
Sekda Jabar Herman Suryatman saat Peringatan Harganas Ke-31 Tingkat Jabar di Stadion Ranggajati, Kab Cirebon, Sabtu (20/7/24).(Foto: iwa/Ketik.co.id)

KETIK, CIREBON – Keluarga memiliki peran penting dalam membangun bangsa, termasuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Karenanya, peran keluarga dalam upaya pencegahan stunting sangat besar. 

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman saat menyapa ribuan peserta Fun Walk with Family yang menjadi penutup rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-31 Tahun 2024 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Stadion Ranggajati, Kabupaten Cirebon, Sabtu (20/07/2024).

“Yang ingin kami sampaikan terkait keluarga adalah bagaimana keluarga-keluarga di Jawa Barat ini bebas dari stunting," ucap Sekda Jabar.

Sekda menuturkan, dalam pencegahan stunting, ada dua strategi yang harus rutin diupayakan di lapangan. Pertama, sebelum kelahiran pada ibu hamil. Menurutnya, pastikan ibu hamil mendapatkan tablet tambah darah, memeriksakan diri ke petugas kesehatan minimal enam kali, serta mendapatkan protein hewani seperti telur, daging, ikan, dan susu.

Sedangkan upaya kedua dilakukan pada masa setelah kelahiran. Keluarga harus memastikan balita 0-6 bulan mendapatkan ASI eksklusif. Kemudian, balita 7-24 bulan mendapatkan ASI sekaligus menerima Makanan Pendamping ASI (MPASI) dan protein hewani.

"Salah satu cara agar anak kita tidak stunting sifatnya lebih antisipatif, mitigasi, yang mencegah jangan sampai ada stunting yang baru, zero new stunting. Tentu tanpa mengesampingkan yang lainnya, baik yang sifatnya sensitif maupun yang spesifik," tutur Herman Suryatman. 

Dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional Tahun 2024 di Stadion Ranggajati, ada banyak aktivasi yang digelar oleh berbagai pihak, mulai dari pelayanan keluarga berencana (KB), bakti sosial, donor darah, Generasi Berencana (Genre), produk PPKB, Forum Satgas Stunting, gelar karya, malam anugerah tanggap bencana, sampai bazar produk UMKM.(*)

Tombol Google News

Tags:

SEKDA JABAR Stunting BKKBN BKKBN Jabar Harganas