Selama Periode Januari Februari, OJK Jatim Tangani 147 Pengaduan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

30 Maret 2024 04:18 30 Mar 2024 04:18

Thumbnail Selama Periode Januari Februari, OJK Jatim Tangani 147 Pengaduan Watermark Ketik
Gedung OJK Jatim. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Selama periode Januari hingga Februari 2024, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Timur telah menangani 147 pengaduan dari konsumen Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) yang berkantor pusat di wilayah Jawa Timur.

Pengaduan tersebut dilakukan melalui Aplikasi Portal Pelindungan Konsumen (APPK). Mayoritas pengaduan berasal dari sektor Perbankan sejumlah 141 pengaduan dan lainnya dari sektor IKNB-Finteh sebanyak 6 pengaduan, dengan jenis permasalahan yang paling banyak diadukan mengenai Perilaku Petugas Penagihan, Penyalahgunaan Data Pribadi dan Permohonan Keringanan (Restrukturisasi/Relaksasi) Kredit/Pembiayaan.

Kepala OJK Jawa Timur, Giri Tribroto mengatakan berdasarkan wilayah kejadian, pada Tahun 2023 OJK di Provinsi Jawa Timur telah menindaklanjuti sebanyak 3.830 pengaduan konsumen di Provinsi Jawa Timur dengan 86,71 persen solusi yang ditawarkan oleh PUJK (bidang Perbankan, Pasar Modal dan IKNB) disetujui oleh konsumen. 

"Adapun 3 sektor yang paling banyak diadukan adalah Perbankan (57,23 persen), Lembaga Pembiayaan (18,80 persen), dan Fintech (16,29 persen)," jelas Giri dalam keterangan tertulis.

Lebih lanjut, OJK akan terus melakukan program literasi dan inklusi keuangan secara masif secara tatap muka (offline) maupun daring (online) melalui Learning Management System (LMS) dan media sosial. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendorong pemerataan literasi dan inklusi keuangan.

"OJK Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan 43 kegiatan edukasi keuangan yang menjangkau 3862 orang peserta dari berbagai kalangan diantaranya pelajar, mahasiswa, UMKM, dan Perempuan," tambahnya.

Instagram @OJK_Jatim, sebagai saluran media komunikasi yang khusus menginformasikan konten terkait edukasi keuangan kepada masyarakat secara digital, telah mempublikasikan sebanyak 223 postingan informasi dan edukasi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ekonomi OJK Jatim LITERASI KEUANGAN pengaduan konsumen PUJK Perbankan pembiayaan