Seleksi JPTP di Ngawi Memasuki Tahapan Krusial,6 Pejabat Besok Berhadapan

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: Rudi

5 Juni 2023 05:54 5 Jun 2023 05:54

Thumbnail Seleksi JPTP di Ngawi Memasuki Tahapan Krusial,6 Pejabat Besok Berhadapan Watermark Ketik
ASN di lingkup Pemkab Ngawi saat Halal Bihalal Mei lalu. Besok enam pejabat yang lolos uji gagasan dan wawancara berhadapan dengan panelis. (Foto: Humas Pemkab Ngawi)

KETIK, NGAWI – Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemkab Ngawi memasuki babak krusial. Sebab, mereka dituntut harus mampu menyampaikan ide dan gagasan sesuai posisi yang dilamar.

Enam pejabat eselon IIIA di lingkungan Pemkab Ngawi yang lolos dalam tahap ini dijadwalkan menjalani  uji gagasan dan wawancara di Solo, Selasa, 6 Mei 2023.

Enam pejabat itu dituntut mampu meyakinkan panelis dari Universitas Sebelas Maret (UNS Surakarta).

Mereka yakni Agus Sutopo (Sekban Keuangan), Dodi Aprilasetia (Camat Padas), dan Maftuh Affandi (Sekdin Perkim). Ketiganya bersaing dalam memperebutkan posisi kepala dinas Perkim.

Sedangkan untuk posisi kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, diperebutkan Eko Yudho Nurcahyo (Camat Ngawi), Nuryadi Moh Afifin (Camat Kedunggalar) dan Widya Decky Hariyono (Sekdin PUPR)

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ngawi Idham Karima mengatakan keenam pejabat eselon III itu melaju ke tahap selanjutnya berdasar Berita Acara Rapat Penetapan Hasil Uji Kompetensi Melalui Penggalian Potensi dalam Seleksi Secara Terbuka dan Kompetitif Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ngawi Tahun 2023 Nomor 04.2/ PANSEL JPTP/ NGW/ BA/V/2023 tanggal 31 Mei 2023.

‘’Sehingga mereka (enam pejabat eselon III) harus mampu memberikan ide, gagasan dan meyakinkan  panelis,’’ terang Idham.

Idham mengatakan uji gagasan dan wawancara ini  diakuinya merupakan tahapan krusial. Sebab, nilainya paling tinggi dari tahapan-tahapan sebelumnya.

‘’Ini porsi paling tinggi nilainya 25 persen, tahapan lainnya hanya 10-15 persen,  makanya teman-teman yang lolos harus mampu meyakinkan panelis dengan ide dan gagasannya,’’ paparnya.

Idham mengatakan, tahapan yang dilalui sebelumnya para kandidat kepala dinas itu yakni  administrasi, rekam jejak, uji kompetensi, gagasan dan wawancara.

‘’Hasil dari tahapan ini akan disampaikan pansel (panitia seleksi) ke Pak Bupati,’’ ungkapnya.

Mantan Kabag Hukum Setda Ngawi ini menambahkan hasil penilaian panelis bakal keluar maksimal dua pekan. Selanjutnya hasil tersebut disampaikan ke Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono.

‘’Setelah diterima Pak Bupati, kami meminta rekomendasi ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) untuk dilakukan pelantikan,’’ tegasnya.

Ditanya dimungkinkan bupati Ngawi akan mengambil sumpah dan jabatan kepala Dinas Perkim dan Kadinnakkan hasil seleksi terbuka maksimal akhir bulan ini, Idham menjawab diplomatis.

‘’Intinya setelah hasil diterima Pak Bupati dan Rekomendasi KASN biasanya turun sekitar 1-2 minggu setelah itu harus sudah diambil sumpahnya (pelantikan),’’ katanya

Diberitakan sebelumnya tiga camat dan tiga sekretaris OPD di Ngawi lolos dalam Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).

Dalam surat bernomor 4/Pansel JPTP.PGM/NGW/VI/2023, tertanggal 1 Juni 2023 yang diteken ketua Pansel sekaligus Sekda Ngawi Moh Sodiq Triwidiyanto, terdapat masing-masing 3 pejabat yang lolos ke tahap selanjutnya.

Mereka yakni Agus Sutopo (Sekban Keuangan), Dodi Aprilasetia (Camat Padas), dan Maftuh Affandi (Sekdin Perkim). Ketiganya bersaing dalam memperebutkan posisi kepala Dinas Perkim.

Sedangkan untuk posisi kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, diperebutkan Eko Yudho Nurcahyo (Camat Ngawi), Nuryadi Moh Afifin (Camat Kedunggalar) dan Widya Decky Hariyono (Sekdin PUPR).(*)

 

Tombol Google News

Tags:

ASN Ngawi Seleksi JPTP Bupati Ngawi Ngawi Ramah Ngawi Spektakuler