Sering Digunakan Sebagai Bumbu Masak, Ini Khasiat Lain Daun Salam

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

26 April 2024 23:15 26 Apr 2024 23:15

Thumbnail Sering Digunakan Sebagai Bumbu Masak, Ini Khasiat Lain Daun Salam Watermark Ketik
Ilustrasi daun salam. (Foto: Pixabay)

KETIK, JAKARTA – Siapa yang tak kenal dengan daun salam, rasanya banyak irang Indonesia yang familiar dengan daun yang satu ini. Daun salam kerapkali digunakan diberbagai masakan khas Indonesia.

Daun bernama ilmiah Syzygium polyanthum digunakan karena mampu memberikan cita rasa yang khas pada masakan. Namun disamping itu, ternyata daun salam juga memiliki segudang manfaat kesehatan. 

Meski tidak bisa menggantikan pengobatan medis, Anda bisa menggunakannya sebagai perawatan pendukung. Apa saja manfaat rebusan daun salam?

1. Menjaga kadar gula darah

Kandungan polifenol yang ditemukan dalam daun salam terbukti dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah. Inilah mengapa rebusan daun salam bisa diberikan pada seseorang dengan diabetes.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun salam memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral. Kandungan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap penyakit.

3. Menurunkan kadar kolesterol 

Daun salam juga memiliki kandungan flavonoid yang berguna untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Dengan mengkonsumsi rebusan air daun salam secara rutin, kandungan kolesterol dalam tubub akan berkurang.

4. Mengatasi sakit perut

Kembung, nyeri ulu hati, dan sakit perut merupakan beberapa masalah pencernaan yang dipercaya bisa membaik setelah minum rebusan daun salam. Supaya lebih ampuh, perebusan daun salam juga bisa dipadukan bersama teh herbal.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Senyawa tannin dan flavonoid dalam daun salam dapat membantu mengatasi peradangan yang terbentuk karena luka terbuka. Namun, selain diminum, manfaat ini akan lebih terasa jika Ada menemplekan daun salam yang sdah dtumbuk ke area sekitar luka.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan flavonoid Tannin Daun Salam Bumbu masakan kolesterol