Siap Amankan Pilkada Serentak 2024, Kapolda DIY Sebut Keamanan Bukanlah Sekadar Situasi

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: Gumilang

15 Agustus 2024 03:30 15 Agt 2024 03:30

Thumbnail Siap Amankan Pilkada Serentak 2024, Kapolda DIY Sebut Keamanan Bukanlah Sekadar Situasi Watermark Ketik
Kepala Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, SIK, MH saat menyampaikan paparannya. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Polda DIY siap mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak 2024. Hal ini disampaikan Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, SIK, MH, usai kegiatan kunjungan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI, Rabu, (14/8/2024).

Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, SIK, MH mengatakan, keamanan di Yogyakarta bukanlah sekadar situasi. Tetapi sebuah investasi yang sangat berharga untuk mendukung keberlangsungan kehidupan ekonomi masyarakat, terutama dalam sektor pariwisata, pendidikan, dan kebudayaan.

Untuk itu, ungkap Irjen Pol Nainggolan, jajaran Polda DIY telah berkomitmen mengamankan jalannya Pilkada Serentak 2024 dengan tagline "Pilkada Aman, Penak Golek Pangan".

"Dengan sekitar 2,8 juta pemilih di DIY, Polda DIY berkomitmen untuk memastikan Pilkada berjalan dengan aman dan damai," sebutnya.

Dalam kesempatan ini Irjen Pol Suwondo Nainggolan menyampaikan pentingnya kerjasama antara berbagai pihak. Baik dengan jajaran TNI, Kejaksaan, KPU, maupun tokoh masyarakat. Dalam memastikan keamanan dan ketertiban selama Pilkada berlangsung.

Foto Kunjungan Kerja Program Prioritas Nasional oleh Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI di Polda DIY, Rabu (14/8/2024). (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)Kunjungan Kerja Program Prioritas Nasional oleh Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI di Polda DIY, Rabu (14/8/2024). (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

Disebutkan pula bahwa Polda DIY belum lama ini mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri atas penyelenggaraan Pemilu 2024 yang terbaik di Indonesia. Penghargaan tersebut menjadi modal penting bagi seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat DIY dalam menjaga situasi kondusif menjelang Pilkada Serentak.

“Tentunya kami berkomitmen untuk memastikan agar Pilkada Serentak 2024 dapat berlangsung dengan aman dan damai," terangnya.

Sementara itu, Koordinator Tim Wantannas Irjen Pol Dr H Nazirwan Adji Wibowo, SIK MSi menyebutkan, DIY merupakan provinsi terbaik dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Sedangkan semua masukan akan menjadi bahan dalam merumuskan pola pengamanan jelang Pilkada serentak mendatang.

“DIY menjadi yang terbaik dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Hal tersebut dapat menjadi masukan bagi kami (Wantannas). Setelah kembali ke Jakarta nanti untuk menentukan langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan dalam mengamankan Pilkada serentak yang pertama kali diselenggarakan," jelasnya.

Acara tersebut juga dihadiri segenap unsur Forkopimda DIY, KPU DIY, BAWASLU DIY, Tokoh Akademisi, Tokoh Agama/FKUB, dan FKDM. Serta berbagai instansi terkait yang menunjukkan sinergi kuat dalam menjaga keamanan dan mendorong kemajuan daerah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Gelaran Pilkada 2024 pilkada serentak Polda DIY Kunker Wantannas KPU DIY Bawaslu DIY Kapolda DIY