Simak, Tiga Keutamaan Bulan Satu Muharram

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Millah Irodah

29 Juli 2022 11:44 29 Jul 2022 11:44

Thumbnail Simak,  Tiga Keutamaan Bulan Satu Muharram Watermark Ketik
Masjid Nabawi Madinah (foto:Pixabay/Konevi)

KETIK, SURABAYA – Sebentar lagi umat Islam akan meninggalkan bulan Zulhijah dan memasuki tahun baru yang dimulai dari bulan Muharram 1444 Hijriah.
Muharram disebut-sebut sebagai bulan paling dimuliakan oleh Allah SWT. Ada beberapa keutamaan bulan Muharram yang perlu umat Islam ketahui.

3 Keutamaan Bulan Muharram Menurut Hadits

1. Dilipatgandakannya Amalan
Bulan Haram dimaknai sebagai momen pelipatgandaan amalan yang dikerjakan. Dengan kata lain, pahala akan dilipatgandakan bagi yang berbuat ketaatan dan begitu pun sebaliknya dosa yang dikerjakan pada bulan Muharram.

Hal ini dilandasi dari salah satu riwayat hadits yang diceritakan oleh Ibnu Abu Bakrah. Ia berkata, Rasulullah menyebut bulan Muharram sebagai salah satu bulan Haram di kalender Hijriah dan berkata,

"Maka sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan kalian semua haram (mulia) atas kalian seperti mulianya hari ini, di negeri ini, dan di bulan ini. Dan sesungguhnya kalian akan menghadap Tuhanmu sekalian dan Dia akan bertanya kepada kalian tentang amal perbuatkan kalian," (HR Bukhari dan Muslim).

2. Momen Puasa Terbaik Setelah Ramadan
Ramadan dikenal sebagai bulan suci yang bahkan berlaku kewajiban berpuasa bagi umatnya. Ternyata di samping Ramadan, ada keutamaan bulan Muharram yang disebut momen berpuasa terbaik setelah Ramadan.

شَهْرُ اللهِ المُحَرَّمُ ، وَأفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الفَرِيضَةِ

Artinya: "Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram, dan sebaik-baik sholat setelah sholat fardhu adalah sholat malam," (HR Muslim).

Dalam riwayat lain juga dijelaskan, orang yang berpuasa di bulan Muharram dapat diterima taubatnya oleh Allah SWT. Hadits ini dijelaskan oleh Ali bin Abi Thalib yang mengutip sabda Rasulullah SAW,

"Jika engkau ingin berpuasa setelah Ramadan, maka berpuasalah pada bulan Muharram. Sesungguhnya bulan tersebut adalah bulan Allah dan pada bulan itu terdapat satu hari di mana ketika suatu kaum bertaubat, Allah juga menerima taubat kaum yang lain," (HR Tirmidzi).

3. Terdapat Hari Asyura
Salah satu hari di bulan Muharram yang sangat dimuliakan oleh umat beragama, yaitu hari Asyura. Islam melakukan penghormatan berupa puasa sunnah pada hari itu atas kemenangan yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Musa AS.

Hal ini termaktub dalam hadits dari Ibnu Abbas, ia berkata:

"Ketika Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah, beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa di hari Asyura. Beliau bertanya, 'Hari apa ini?' Mereka menjawab, 'Hari yang baik, hari di mana Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuhnya, sehingga Musa pun berpuasa pada hari ini sebagai bentuk syukur kepada Allah. Akhirnya, Nabi Muhammad SAW. bersabda, 'Kami (kaum muslimin) lebih layak menghormati Musa daripada kalian.' Kemudian, Nabi Muhammad SAW berpuasa dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa." (HR Muslim).

Untuk meraih keutamaan bulan Muharram dapat diisi dengan mengamalkan puasa sunnah. Awal bulan Muharram sendiri sesuai dengan ketetapan pemerintah akan jatuh pada Sabtu, 30 Juli 2022 mendatang. (*)

Tombol Google News

Tags:

bulan Muharram keutamaan 1444 Hijriah