Siswa Double Track SMAN 4 Bangkalan Gelar Bakti Karya Jumat Berkah: Berbagi Kebahagiaan dengan Masyarakat di Masjid hingga Panti Asuhan

Kontributor: Indi Shofi Fikria
Editor: M. Rifat

30 September 2024 20:22 30 Sep 2024 20:22

Thumbnail Siswa Double Track SMAN 4 Bangkalan Gelar Bakti Karya Jumat Berkah: Berbagi Kebahagiaan dengan Masyarakat di Masjid hingga Panti Asuhan Watermark Ketik
Siswa Program Double Track SMAN 4 Bangkalan saat acara kegiatan sosial bertajuk 'Jumat Berkah', 27 September 2024. (Foto: Indi Shofi Fikria for Ketik.co.id)

KETIK, BANGKALAN – Program Double Track SMAN 4 Bangkalan menggelar kegiatan sosial bertajuk 'Jumat Berkah' dengan mengunjungi Panti Asuhan Al-Qowi, Masjid Nurul Amal, Masjid An Nahdli, dan Masyarakat sekitar di kawasan Kota Bangkalan, 27 September 2024.

Kegiatan ini selain melatih siswa-siswi Double Track peduli terhadap sesama, juga bertujuan memberi bantuan dan dukungan moral kepada anak-anak di panti asuhan dan masyarakat sekitar. Donasi diberikan dalam bentuk nasi kotak yang diproduksi sendiri siswa-siswi Double Track Tata Boga SMAN 4 Bangkalan.

Kegiatan ini dimulai dengan mengajak warga sekolah bergabung dan mendonasikan sebagian uang untuk biaya produksi makanan, mempersiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Kemudian siswa-siswi Double Track Tata Boga memasak nasi kotak sebanyak 150 porsi dan membagikannya di beberapa titik tujuan.

“Kegiatan Bakti Karya Jumat Berkah ini diadakan untuk mempererat silaturahmi dengan anak-anak di panti asuhan. Kami ingin mereka merasa diperhatikan dan termotivasi untuk terus menggapai cita-cita,” ucap Fasilitator program Double Track, Indi Shofi Fikria.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan rutin dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar.

Setelah kegiatan di panti asuhan, rombongan melanjutkan kegiatan bakti sosial ke masjid An-Nahdli dan masjid Nurul Amal untuk membagikan makanan siap saji kepada para jamaah usai shalat Jumat. Kegiatan yang dikenal dengan sebutan 'Jumat Berkah' ini rencananya akan diadakan rutin setiap bulan.

“Jumat Berkah ini menjadi ajang kami untuk berbagi rezeki kepada saudara-saudara yang membutuhkan. Kami sengaja memilih masjid sebagai salah satu tempat berbagi, karena di sini bisa menjangkau lebih banyak orang, terutama jamaah sholat Jumat yang mungkin membutuhkan makanan untuk dibawa pulang,” tutur Nabila, siswi Double Track keterampilan Tata Boga.

Siswa-siswi Double Track didampingi oleh pembina melanjutkan aksi berbagi kepada masyarakat di sekitar, seperti tukang becak, tukang parkir, dan pemulung. Meskipun hanya nasi kotak namun ini sangat berarti dan bisa membuat mereka tersenyum bahagia.

Salah satu tukang becak, Pak Ahmad, yang menerima paket makanan mengaku sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini. “Alhamdulillah, berkah sekali hari ini. Semoga apa yang dilakukan anak-anak ini bisa menjadi contoh bagi generasi muda lain untuk lebih peduli terhadap sesama,” katanya.

Kegiatan ditutup dengan makan siang dan doa bersama di sekolah. Diharapkan kegiatan semacam ini bisa terus dilakukan di masa mendatang. Diharapkan juga, siswa-siswi Double Track dapat berwirausaha dan terbiasa bersedekah. Sekaligus memotivasi generasi muda untuk terus berbagi kebaikan dan aktif dalam kegiatan sosial yang memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. (*)

*) Penulis: Indi Shofi Fikria, S.Pd., Fasilitator Double Track SMAN 4 Bangkalan.

Tombol Google News

Tags:

double track sman 4 bangkalan Tata boga Jumat Berkah SMAN 4 Bangkalan