Sudah Musim Hujan, Saatnya Periksa Ban Kendaraan Sebelum Terlambat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

2 Desember 2023 03:00 2 Des 2023 03:00

Thumbnail Sudah Musim Hujan, Saatnya Periksa Ban Kendaraan Sebelum Terlambat Watermark Ketik
Ban Motor. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Bagi anda pengguna kendaraan bermotor pasti sudah tidak asing dengan ban. Ban merupakan salah satu komponen di kendaraan yang memiliki fungsi cukup vital. Ban motor berfungsi sebagai penyangga kendaraan juga sebagai penyalur tenaga mesin yang membuat kendaraan bisa bergerak.

Sehingga kondisi permukaan ban juga menentukan apakah aman menjalankan kendaraan pada kecepatan tertentu. Apalagi di musim hujan seperti saat ini, penting bagi kita untuk melakukan pengecekan pada kondisi ban. Karena saat musim hujan kondisi jalan tentu akan lebih licin dan rawan terjadi kecelakaan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi ban agar aman selama musim hujan.

 

1. Perhatikan Kondisi Permukaan Ban

Mengecak kondisi permukaan ban adalah hal pertama yang harus dilakukan. Hal ini sangat penting untuk memastikan apakah ban masih layak digunakan atau sudah waktunya untuk diganti. 

Ban yang sudah tipis atau aus sangat memengaruhi pengendalian dan pengereman. Sangat berbahaya bila dipacu kencang dan menemui jalanan licin bila hujan. hal ini lantaran daya cengkram ban sudah tidak sebaik saat masih baru.

 

2. Perhatikan Tread Wear Indicator (TWI)

Hal kedua yanh harus dilakukan adalah mengecek kondisi TWI pada ban kendaraan kita. Bentuknya berupa simbol segitiga yang terletak di batas terbawah kembangan ban dan tonjolan karet di sela kembangan ban. Jika bagian tersebut sudah menipis seiring pemakaian maka harus segera diganti.

 

3. Pastikan Tekanan Angin Pada Ban

Pada saat musim hujan rutin mengecek tekanan angin adalah yang hal yang tidak kalah penting. Hal inj karena berhubungan langsung dengan kestabilan kendaraan saat digunakan. Apalagi saat melewati genangan air, kondisi ban yang kurang angin akan membuat kendaraan tidak stabil dan berbahaya. Selain itu juga perhatikan tekanan angin dengan bobot kendaraan.

 

4. Perhatikan Retakan Pada Dinding Ban

Selain itu, cara untuk cek kondisi ban kendaraan juga dengan memperhatikan apakah ada retak-retak di alur dan dinding ban. Bisa jadi kualitas ban jelek atau pengaruh cuaca. Jangan dibiarkan, karena mungkin saja menyebabkan kebocoran dan bisa pecah sewaktu-waktu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Musim Hujan Ban Kendaraan mobil Motor genangan air TWI Tekanan Angin otomotif