Sulit Tidur Bikin Lelah, Ini Tips Mengatasi Insomnia

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

4 November 2023 18:05 4 Nov 2023 18:05

Thumbnail Sulit Tidur Bikin Lelah, Ini Tips Mengatasi Insomnia Watermark Ketik
Ilustrasi seseorang mengalami insomnia. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Insomnia atau kesulitan tidur saat malam hari menjadi permasalahan umum yang sering menimpa banyak orang. Kebiasaan ini tentu akan berdampak negatif terhadap tubuh, salah satunya badan tidak merasakan kesegaran saat terbangun di pagi hari.

Insomnia juga dapat mengganggu konsentrasi tubuh. Seseorang dapat mudah lelah dan bahkan membuat kulit terlihat kusam. 

Terdapat banyak cara untuk mengakhiri kebiasaan buruk tersebut. Namun semua akan percuma apabila tidak didasari pada niat yang kuat.

Sebelum melakukan cara ini, kalian harus meneguhkan niat, komitmen dan mulailah menentukan jam tidur kalian. Bila perlu pasanglah alarm yang menunjukkan waktu tidur kalian. 

Tiga cara di bawah ini merupakan tips paling mudah yang dapat kalian lakukan untuk belajar memulai pola hidup yang teratur. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu mengatasi insomnia.

Batasi Penggunaan Gadget

Scrolling media sosial tentu menjadi kegiatan paling menyenangkan untuk dilakukan sebelum tidur. Meskipun menyenangkan, namun kebiasaan ini dapat membuat kalian lupa waktu hingga waktu tidur pun dapat terlewati. 

Usahakan agar mengurangi penggunaan gadget sebelum tidur. Tak hanya menimbulkan rasa ketagihan, paparan sinar biru dalam gadget menyebabkan hormon melatonin dalam tubuh menurun. Akibatnya rasa kantuk pun berkurang.

Membaca Buku

Meskipun terdengar tidak masuk akal, namun membaca buku dapat mengalihakan pikiran dari kekhawatiran yang mungkin saja penyebab dari insomnia. Bahkan membaca buku sebelum tidur dapat membuat tidur kalian lebih nyenyak. 

Tentu kalian masih ingat ketika duduk di bangku sekolah, sering mengantuk selama jam pelajaran berlangsung. Hal tersebut dapat dipicu oleh rasa bosan akan materi pelajaran. Kalian dapat memanfaatkan pengalaman tersebut dan menerapkan dalam upaya dapat tertidur dengan mudah di malam hari. Cobalah membuka buku pelajaran maupun buku-buku yang membosankan. Beberapa saat kemudian, rasa kantuk akan menghampiri.

Dengarkan Podcast atau Musik Relaksasi

Mendengarkan podcast maupun musik relaksasi dapat menjadi alternatif pengganti obat tidur. Tentu kalian ingat bahwa anak kecil akan mudah tertidur saat mendengarkan dongeng dari orang tuanya. 

Meskipun kalian bukan lagi anak-anak, tidak ada salahnya mencoba mendengar dongeng maupun podcast bercerita dengan suara yang menenangkan untuk membantu kalian tertidur. Bagi sebagian orang, cara ini cukup efektif menghindari insomnia.(*)

Tombol Google News

Tags:

insomnia sulit tidur mengatasi insomnia