Gerakan Yoga yang Wajib Dibaca Pria! No 6 Mengejutkan

Jurnalis: Arief
Editor: M. Rifat

26 Juni 2023 21:15 26 Jun 2023 21:15

Thumbnail Gerakan Yoga yang Wajib Dibaca Pria! No 6 Mengejutkan Watermark Ketik
Rutin melakukan yoga bisa memperbaiki kualitas tidur. (Foto: Yogapedia)

KETIK, SURABAYA – Berdasarkan riset Sweat Box Yoga tidak banyak pria yang menyukai yoga. Hasil riset menyebutkan pria lebih suka olahraga kardio yang menghasilkan gerakan dan keringat lebih. Sebetulnya, yoga memiliki banyak manfaat karena bersumber dari kontemplatif.

Manfaat yang didapat meliputi memperkuat dan meregangkan tubuh, meningkatkan kesehatan dan kekuatan, mengencangkan otot, membantu menahan rasa sakit, dan mengurangi cedera akibat latihan fisik lainnya.

Satu lagi meningkatkan vitalitas laki-laki. Ini penjelasan risetnya:

Bantu Pernapasan

Bernapas sangat penting berlatih yoga. Salah satu faktor yang paling bermanfaat adalah melatih pernapasan untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Pose yoga memerlukan metode pernapasan dalam, yang bisa ditemukan di setiap gerakan.

Yoga menawarkan teknik pernapasan yang dalam dan terkontrol, atau dikenal pranayama. Yakni melatih mengembangkan paru-paru, dan memungkinkan untuk mentransfer lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh.

Perbaiki Fleksibilitas dan Jangkauan

Mengaktifkan otot inti adalah bagian penting dari yoga. Latihan ini meningkatkan keseimbangan, kelincahan, dan mobilitas tubuh, untuk meningkatkan jangkauan gerak. Yoga memanjangkan otot dan jaringan ikat, mendorong darah lebih banyak bersirkulasi.

Melatih gerakan dengan yoga membuat Anda lebih fleksibel dibanding sebelumnya. Yoga membantu lebih kuat secara fisik, dan memiliki tonus otot panggul yang lebih baik. Memungkinkan bagi Anda meningkatkan jangkauan gerak dan mobilitas seperti saat berolahraga.

Foto Di dalam gerakan yoga bisa memperlancar peredaran darah dan menguatkan otot panggul, punggung bawah, dan tulang belakang. (Foto: Yoga Teket)Di dalam gerakan yoga bisa memperlancar peredaran darah dan menguatkan otot panggul, punggung bawah, dan tulang belakang. (Foto: Yoga Teket)

Perbaiki Kualitas Tidur

Banyak pria mengaku menderita insomnia atau sulit tidur. Masalah ini muncul akibat ketegangan, kekhawatiran, dan faktor lingkungan. Yoga bisa membantu tidur lebih nyenyak jika dilakukan satu jam sebelumnya.

Asana yoga dan meditasi membantu menenangkan pikiran dan tubuh, serta memperbaiki kualitas tidur. Gerakan yoga untuk memperbaiki kualitas tidur meliputi functional squat, warrior with one side bend, dan supine bent-knee twist.

Cegah Cedera

Pria rentan cedera karena banyak melakukan aktivitas fisik. Misalnya, olahraga atau latihan di gym. Bisa juga nyeri tubuh akibat duduk dengan posisi yang tidak tepat setiap hari.

Yoga dapat membantu menghindari cedera atau membantu mengatasinya. Selain itu, yoga bisa mengembangkan, memperkuat, dan mengendurkan otot, serta meningkatkan kemampuan untuk menahan cedera.

Redakan Stres dan Kecemasan

Pekerjaan kantor yang menumpuk kerap membuat tertekan, stres dan muncul keemasan. Masalah gangguan mental dan kecemasan bisa diatasi dengan melakukan beberapa gerakan yoga yang lebih ringan.

Gerakan yang dilakukan rutin dan disiplin bisa membantu mengatasi masalah mental. Sebab rutin melakukan yoga bisa menurunkan detak jantung dan mengatur tekanan darah.

Perbaiki Kualitas Seksual

Menurut sejumlah peneliti, gerakan dalam yoga bisa memberi rasa tenang, sekaligus mengatasi masalah seksual. Di antara gerakan yang dilakukan bisa memperkuat otot-otot panggul, punggung bagian bawah, tulang belakang, dan memperlancar aliran darah ke organ intim.

Nah, gerakan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas seksual pria meliputi ardha matsyendrasana, siddhasana, cat and cow, perahu, dan kobra. (*)

Tombol Google News

Tags:

yoga vitalitas insomnia cegah cedera manfaat yoga