Surabaya Dihijaukan Lagi, 1000 Pohon Berhasil Ditanam

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

27 Januari 2023 05:30 27 Jan 2023 05:30

Thumbnail Surabaya Dihijaukan Lagi, 1000 Pohon Berhasil Ditanam Watermark Ketik
Bunga tabebuya sedang bermekaran, menambah keindahan kota Surabaya. (Foto: DLH Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Penghijauan di kota Surabaya terus ditingkatkan lagi. Di setiap median jalan di kota Pahlawan ini ditanami agar sepanjang jalan tersebut terlihat hijau. Tujuannya agar pemakai jalan di situ merasa nyaman dan tidak sampai terkena terik sinar matahari langsung. Apalagi musim hujan sebentar lagi akan berganti musim pasas. 

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Surabaya terus melakukan penanaman pohon. Sementara dimusim hujan ini DLH juga memotong ranting pohon yang sudah menjulang tinggi. 

Dalam upaya lebih menghiaukan kota ini, DLH telah menyelesaikan program sehari tanam 1000 pohon. Sementara pohon yang ditanam termasuk pohon peneduh besar maupun sedang. 

Penanaman pohon peneduh tersebut sudah terlihat di jalan raya Satelit , Surabaya Barat . Di Median jalan kembar ditanam pohon peneduh sedang. Penanaman pohon dilakukan setelah box corvet selesai dipasang di sepanjang jalan tersebut. 

Program DLH Surabaya tidak hanya berhasil menambah tanaman saja. Dinas ini juga mengiventarisasi pohon peneduh yang sudah tua, rimbun dan tinggi. Pohon yang tinggi kita rapikan. Ini merupakan bagian dari program renovasi jalur hijau dan protokol, kata Kepala DLH Agus Hebi Djuniantoro kepada salah seorang jurnalis. 

Dia menjelaskan, yang dimaksud renovasi pembenahan tanaman di median jalan. Sebagai contoh petugas dari DLH bukan saja memeliharan dan memangkas tanaman yang ada di median jalan saja. Tapi tanaman yang kurang bagus diganti dengan jenis tanaman lain agar lebih menarik dan indah dipandang mata.

Tanaman pohon besar yang ada di Jalan Wiyung misalnya, juga mendapat perhatian dari DLH Surabaya. Beberapa pohon besar yang menghalangi pandangan pemakai jalan juga dirapikan. Sebab jalan yang menutupi pandangan mata, khususnya pemakaian R 4. Akibatnya pengendara R 4 yang akan belok atau berhenti tidak bisa melihat ada rambu di situ. 

Penghijauan kota Pahlawan memang sudah jadi program sejak Tri Rismaharini jadi orang nomor satu di Surabaya. Program penghijauan itu dilanjutkan oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi. 

Hasil dari penghijauan Surabaya akan terlihat, pada saat pohon Tabebuya bunganya mekar. Bunga pohon ini ada yang berwarna merah, kuning, putih sebagai penghias beberapa jalan di Surabaya. (*)

Tombol Google News

Tags:

DLH tanam 1000 pohon