Surabaya Shopping Festival 2023 Catatkan Transaksi Senilai Rp 12 Triliun!

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

2 Juni 2023 06:04 2 Jun 2023 06:04

Thumbnail Surabaya Shopping Festival 2023 Catatkan Transaksi Senilai Rp 12 Triliun! Watermark Ketik
Proses pengundian kupon SSF di tiap mall, Kamis (1/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Surabaya Shopping Festival (SSF) 2023 yang digelar selama bulan Mei dalam rangka Ulang Tahun Kota Surabaya resmi ditutup, Kamis (1/5/2023).

Dalam acara penutupan tersebut juga digelar pengundian kupon yang telah terkumpul dari 16 mall yang ada di Kota Surabaya.

Pada penyelenggaraan tahun ini SSF menggandeng Bank BUMN terbesar di Indonesia yakni Bank BRI. Dalam pelaksanaan selama satu bulan penuh Mei lalu, acara ini sukses menghasilkan perputaran nilai ekonomi sekitar Rp12 Triliun.

Hal ini diungkapkan Ketua SSF 2023, Neil Strorey. Menurutnya tahun ini penyelenggaraannya SSF belum mencapai target awal senilai Rp 15 Triliun. Namun, capaian ini cukup luar biasa karena nilainya lebih tinggi dari SSF 2019 lalu.

"Kita akui jika secara nilai memang belum mencapai target. Hal ini mungkin karena penyelenggaraannya yang mepet dengan hari raya Idul Fitri. Sehingga memang masih banyak masyarakat yang menahan diri untuk berbelanja," jelasnya.

Namun, melihat pencapaian tahun ini, itu membuktikan perekonomian di Kota Surabaya sudah berangsur membaik pasca pandemi Covid-19.

"Jika dilihat rata-rata mall di Surabaya ini cukup baik. Okupansinya sudah mencapai lebih dari 90 persen. Ini membuktikan ekonomi masyarakat sudah membaik," tambahnya.

Foto Proses pengundian hadiah utama SSF 2023, Kamis (1/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Proses pengundian hadiah utama SSF 2023, Kamis (1/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Sebagai bahan evaluasi, Neil berencana menyelenggarakan SSF tidak berdekatan dengan momen Idul Fitri. Hal ini dilakukan untuk mengejar target transaksi agar bisa lebih tinggi.

"Ini juga evaluasi dari tahun ini soalnya terlalu dekat dengan Hari Raya. Kemungkinan tahun depan tidak di bulan Mei," jelas Neil.

Sementara itu, Tiara, Department Head Retail, Payment, & Card (RTC) Bank BRI menyampaikan kegiatan SSF baru pertama kali diikuti BRI.

“BRI yang imagenya bank desa sekarang sudah masuk mall. Untuk pencapaian tahun ini sudah bagus. BRI akan mengevaluasi dan menyiapkan waktu lebih panjang pada pelaksanaan SSF tahun depan,” ujarnya.

Tahun ini SSF menyediakan hadiah total 500 juta. Pengundian diawali per mall. Dari setiap mall dicari 5 orang beruntung untuk mendapatkan Rp 2,5 juta rupiah, serta 2 orang beruntung mendapatkan Rp 5 juta rupiah.

Setelah setiap mall selesai mengundi hadiah, semua kupon dari 16 mall yang berpartisipasi dijadikan satu untuk memperebutkan hadiah utama Rp 25 juta untuk satu orang, Rp 15 juta untuk 1 orang dan Rp 10 juta masing masing untuk 2 orang.(*)

Tombol Google News

Tags:

SSF Transaksi Belanja Ekonomi Pandemi Covid-19