Susul FIFA, FIBA Resmi Buka Kantor di Indonesia

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

17 September 2024 15:21 17 Sep 2024 15:21

Thumbnail Susul FIFA, FIBA Resmi Buka Kantor di Indonesia Watermark Ketik
Peresmian kantor FIBA di Jakarta oleh Presiden Joko Widodo. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

KETIK, JAKARTA – Presiden Joko Widodo meresmikan secara langsung Kantor Federation Internationale de Basketball (FIBA) di Jakarta pada Selasa, 17 September 2024.

Jokowi mengungkapkan rasa gembiranya dengan kehadiran Kantor FIBA di Indonesia sebagai bentuk dukungan terhadap prestasi olahraga basket tanah air.

“Sebagai bentuk dukungan nyata dari FIBA dalam percepatan, peningkatan prestasi olahraga basket di Indonesia,” ujarnya dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi menambahkan, Indonesia juga aktif mempererat kerja sama dengan federasi internasional, seperti FIBA, sebagai induk olahraga basket dunia. Ia juga menyampaikan rasa syukurnya atas kesuksesan FIBA World Cup 2023 di Indonesia.

"Saya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan dari FIBA pada Indonesia, sehingga FIBA World Cup 2023 sukses terselenggara dan Indonesia tercatat sebagai salah satu penyelenggara yang terbaik," pungkasnya.

Jokowi juga mengharapkan, dengan berbagai upaya yang dilakukan dalam pengembangan olahraga akan melahirkan lebih banyak atlet andal.

Melalui pembinaan intensif, pelatihan yang berkualitas, serta penyelenggaraan event olahraga dan pembangunan venue berstandar internasional diharapkan akan tercipta atlet yang mampu mencetak prestasi dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, kantor FIBA di Indonesia saya resmikan," tutur Jokowi.

Sebagai informasi, FIBA adalah organisasi internasional yang mengatur dan mengawasi olahraga bola basket di seluruh dunia.

Didirikan pada tahun 1932, FIBA bertanggung jawab atas pengembangan dan promosi bola basket di tingkat internasional.

Organisasi ini mengatur permainan, menyelenggarakan turnamen global seperti FIBA World Cup dan FIBA Women's Basketball World Cup, serta mengawasi kualifikasi bola basket untuk Olimpiade.

FIBA juga bekerja sama dengan asosiasi bola basket nasional di berbagai negara untuk mempromosikan standar yang sama dalam olahraga ini.

Markas besar FIBA terletak di Jenewa, Swiss. Salah satu peran pentingnya adalah menetapkan aturan dan regulasi permainan yang diakui secara internasional, berbeda dengan aturan di liga domestik seperti NBA di Amerika Serikat.(*)

Tombol Google News

Tags:

presiden Jokowi Joko Widodo FIBA Kantor FIBA Basket