Tahun Keempat BMH Jatim Distribusikan Hewan Qurban ke Pulau Sabunten

Jurnalis: Achmad Fazeri
Editor: Muhammad Faizin

17 Juni 2024 23:51 17 Jun 2024 23:51

Thumbnail Tahun Keempat BMH Jatim Distribusikan Hewan Qurban ke Pulau Sabunten Watermark Ketik
Seorang relawan, Sumardi, foto bersama salah satu penerima manfaat hewan qurban BMH Jatim di Pulau Sabunten, Sumenep, Madura, Senin (17/6/2024). (Foto: Ketik.co.id/Achmad Fazeri).

KETIK, SUMENEP – Di momen Idul Adha 1445 Hijriah ini Baitul Mall Hidayatullah (BMH) Jawa Timur (Jatim) kembali mendistribusikan hewan qurban ke Pulau Sabunten, Kecamatan Sumenep, Kabupaten Madura.

"Alhamdulillah, tahun ini tahun keempat BMH Jatim bisa berbagi hewan qurban dengan masyarakat di Pulau Sabunten," ujar Imam Muslim, Kepala Program dan Pemberdayaan (Prodaya) BMH Jatim kepada Ketik.co.id, Senin (17/6/2024).

Muslim memaparkan, Pulau Sabunten menjadi tujuan distribusi dari program qurban, karena merupakan salah satu desa binaan BMH Jatim yang masyarakatnya jarang sekali tersentuh oleh daging qurban.

"Bahkan, ketika program qurban BMH Jatim untuk pertama kali masuk ke Pulau Sabunten empat tahun lalu, itu satu-satunya daging qurban yang dinikmati oleh masyarakat setempat," tegasnya.

Selain qurban, Muslim menambahkan, BMH Jatim juga hendak menguatkan program lainnya yang sudah berjalan di Pulau Sabunten supaya terus dapat berkesinambungan, seperti program MCK, sanitasi air bersih untuk santri, Rumah Qur'an, dan sebagainya.

"Semua itu kami lakukan dalam rangka membangun masyarakat di wilayah 3T, yaitu terluar, terdalam, serta terdepan, sebagaimana tagline BMH," jelasnya.

Muslim berharap, program-program BMH itu benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh warga di pedalaman dan kepulauan. Meski pelaksanaannya seringkali harus menghadapi berbagai tantangan di lapangan.

"Misal, pendistribusian hewan qurban di Pulau Sabunten, tantangannya jelas berupa alam. Pertama kali tahun 2021, kami datangkan hewan qurban dari Surabaya, sehingga harus menyewa perahu untuk mengangkutnya" urainya.

Muslim melanjutkan, karena harus menyewa perahu sehingga membutuhkan biaya besar. Tak hanya itu, hewan qurban juga rentan pingsan bahkan bisa mati jika terlalu lama terombang-ambing di atas perahu.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, maka tahun ini BMH Jatim tidak lagi mendatangkan hewan qurban dari Surabaya, melainkan membeli dari petani lokal di Pulau Sabunten dan sekitarnya.

"Sekaligus untuk memberdayakan peternak lokal di sana," imbuhnya.

Dede maupun Marjan, peternak lokal, mengaku senang dan bahagia karena beberapa hewan ternaknya dibeli oleh BMH Jatim untuk hewan qurban di Pulau Sabunten.

"Terima kasih BMH Jatim yang sudah membeli hewan ternak kami untuk program qurban di Pulau Sabunten," ucap Dede dan Marjan sebelum sapi dan kambing keduanya dibawa ke lokasi penyembelihan di Dusun 2 yang tak jauh dari Pesantren Rahmatul Ulum. 

Sumardi, Mudzir Pondok Pesantren Rahmatul Ulum Pulau Sabunten, yang sekaligus relawan BMH Jatim ini mengucapkan terimakasih kepada para donatur BMH Jatim yang telah banyak membantu warga di Pulau Sabunten sejak tahun 2021.

"Kami ucapkan terima kasih kepada BMH maupun para donatur, karena berkah BMH, alhamdulillah kami yang jarang sekali makan daging, dengan hadirnya program qurban BMH untuk warga Pulau Sabunten, kami pun bisa menikmati daging. Tahun ini mencapai 320 orang penerima manfaat hewan qurban," ungkapnya.

Sumardi lantas mendoakan keluarga besar BMH Jatim, semoga senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam menghadirkan kemaslahatan bagi umat manusia.

"Selain itu, kami berdoa semoga ada dermawan yang berkenan menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu kebutuhan warga yang saat ini sangat urgen di Pulau Sabunten, Perahu Ambulan. Termasuk juga penyediaan asrama layak bagi santri pesantren Rahmatul Ulum Sabunten," harapnya.

Salah satu tokoh masyarakat di Pulau Sabunten, Surahmat, berharap program qurban pedalaman BMH Jatim terus bisa berkelanjutan di Pulau Sabunten. "Semoga tahun depan ada lagi hewan qurban dari para donatur BMH Jatim untuk warga Pulau Sabunten," ujarnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Baitul Mall Hidayatullah BMH BMH Jawa Timur Qurban Bahagia dengan Berqurban Pulau Sabunten sumenep Madura