Takaran Konsumsi Teh Hitam dan Hijau yang Benar

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

22 Mei 2023 20:05 22 Mei 2023 20:05

Thumbnail Takaran Konsumsi Teh Hitam dan Hijau yang Benar Watermark Ketik
Teh hitam dikenal memiliki manfaat baik bagi tubuh. (Foto: healthifyme)

KETIK, SURABAYA – Tradisi minum teh di Indonesia memang tidak seperti di Jepang, Tiongkok, maupun Inggris. Di tiga negara tersebut terdapat waktu tertentu untuk menikmati teh bersama keluarga.

Sebetulnya manfaat yang dimiliki teh cukup baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya menurunkan risiko kolesterol dan masalah kesehatan lainnya.

Baru-baru ini  peneliti teh asal Inggris mengumumkan pentingnya mengonsumsi (minimal) dua gelas teh panas sehari. Tapi jangan asal minum. Peneliti Kimia dan Teh (Chemist and Tea Researcher) dari The Tea Advisory Panel, Dr Tim Bond menganjurkan untuk minum teh hitam atau teh hijau panas.

Dalam penjelasannya, secangkir teh hitam dan hijau yang dikonsumsi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Keduanya dipercaya mampu mengurangi kolesterol jahat.

“Beberapa penelitian menunjukkan teh hitam mampu menurunkan faktor risiko penyakit kardiovaskular, termasuk kolesterol,” kata Bond, sebagaimana dikutip dari express, Minggu (21/5/2023).

Di dalam jurnal disebutkan manfaat teh hijau membantu menjaga kesehatan jantung dan memperlancar aliran darah maupun oksigen ke otak. Fungsi ini bisa mengurangi insomnia. Manfaat lain adalah membantu menjaga kesehatan persendian.

Teh hitam yang mudah dijumpai di Indonesia juga memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Di dalam teh ini terdapat kandungan senyawa aktif yang dapat membantu melawan radikal bebas, sekaligus mengurangi penyumbatan pada arteri jantung.

The Cochrane Library menemukan bahwa teh hitam dan teh hijau sanggup menurunkan kolesterol LDL. Sebagaimana diketahui, LDL adalah biang kerok yang mengganggu kesehatan.

“Teh dipercaya dapat menurunkan kolesterol, karena kandungan catechins (katekin), yang merupakan antioksidan. Katekin bisa meningkatkan reseptor LDL untuk meningkatkan penyerapan kolesterol LDL dari darah,” Bond menambahkan.

Hal ini diperkuat dalam sebuah jurnal yang diterbitkan Preventive Medicine bahwa mengonsumsi teh hitam dan hijau dalam kondisi panas bisa menurunkan kolesterol LDL/HDL.

Penelitian dilakukan terhadap responden untuk mengonsumsi 200 mililiter teh hitam dengan air panas, tiga kali dalam sehari. Hasilnya cukup efektif. Responden mampu menurunkan kolesterol LDL dengan teh hitam ataupun teh hijau. Bagaimana dengan Anda? (*)

Tombol Google News

Tags:

teh hitam teh hijau kolesterol LDL