Tingkatkan Kemampuan Otak dengan Aneka Bahan Alami

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

23 Maret 2024 16:23 23 Mar 2024 16:23

Thumbnail Tingkatkan Kemampuan Otak dengan Aneka Bahan Alami Watermark Ketik
Ilustrasi kopi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Otak merupakan salah satu organ vital manusia yang memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsi utamanya tentu saja agar manusia dapat berfikir. Untuk berfikir otak memerlukan banyak nutrisi dan energi tubuh. 

Salah satu mendapatkan nutrisi tentu saja dengan mengkonsumsi makanan tertentu yang berguna untuk meningkatkan fungsi kognitif otak. Salah satu zat yang penting untuk meningkatkan kemampuan kognitif otak adalah Nootropika.

Nootropika biasanya didapat dengan mengkonsumsi suplemen makanan. Akan tetapi ternyata terdapat bahan makanan yang secara alami mengandung nootropika. Melalui artikel ini kami ulas makanan apa saja yang mengandung nootropika.

1. Kopi

Bagi anda pencinta kopi mungkin patut berbangga, pasalnya minuman kesayangan anda ternyata mengandung nootropika yang bisa meningkatkan kemampuan kognitif otak. Tetapi jangan lupa kopi juga mengandung kafein yang harus dikontrol konsumsinya. Kadar kafein yang diterima tubuh harus tetap dikontrol. Kadar aman kafein bagi tubuh berada di sekitar angka 400 mg per harinya.

2. Teh hijau

Tenyata selain kaya akan antioksidan, teh hijau juga mengandung nootropika. Zat tersebut terdapat dalam kandungan I-theanine yang digabungkan dengan kafein yang juga dikandung dalam teh hijau. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan fokus dan memori manusia.

Foto Jus jeruk. (Foto: Pexels)Jus jeruk. (Foto: Pexels)

3. Jus jeruk

Minuman yang kaya akan vitamin C ini dapat memberikan manfaat seperti zat nootropika. Salah satu studi menunjukkan bahwa semakin tinggi kadar vitamin C yang dikonsumsi, maka kemampuan fokus, memori, dan berbahasa seseorang menjadi lebih baik. walaupun bermanfaat namun tetap kontol asupan gula yang ada di jus jeruk. Jangan sampai kandungan gula yang tinggi menjadi penyebab penyakit lain.

4. Jus hijau

Jus hijau merupakan minuman sehat yang terbuat dari campuran aneka sayur-sayuran hijau. Selain menggunakan sayuran hijau anda bisa menambahkan buah seperti alpukat, apel, pisang untung menambah manfaatnya.Dengan meminum jus ini, tubuh akan mendapatkan vitamin C dan antioksidan lainnya yang bermanfaat bagi otak.(*)

Tags:

kesehatan Kemampuan Kognitif Fungsi Otak Nootropika bahan alami Kopi teh hijau jus jeruk jus hijau Kafein