Tampung 5.000 Orang, Salat Id di Masjid  Al-Falah Sragen Hari Ini 

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Marno

21 April 2023 06:10 21 Apr 2023 06:10

Thumbnail Tampung 5.000 Orang, Salat Id di Masjid  Al-Falah Sragen Hari Ini  Watermark Ketik
Jemaah Salat Id di pelataran depan Masjid Al Falah Sragen, Jumat 21/4/2023. (Foto: SWidodo/ketik.co.id)

KETIK, SRAGEN – Warga Muhammadiyah di Kabupaten Sragen tadi pagi (21/4/2023) melaksanakan Salat Idul Fitri.  Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sragen menyiapkan 147 lokasi Salat Idul Fitri yang tersebar di 17 dari total 20 kecamatan. Salah satunya di Masjid Al-Falah.

Ketua Takmir Masjid Raya Al-Falah Sragen, Kusnadi, menjelaskan, kapasitas Masjid Al-Falah  bisa menampung jemaah sekitar 5.000 orang.

Khatib Salat Idul Fitri  tadi pagi adalah Ustaz Lutfanudin Lc, sedangkan untuk Imam Salat Idul Fitri adalah Ustaz Lutfi Afandi Al-Hafis. Salat Idul Fitri di Masjid Al-Falah dimulai pukul 06.15 WIB hingga 07.15 WIB, yang juga disiarkan live streaming di akun Youtube dan Instagram Masjid Raya Al-FalahFoto Jemaah Salat  Id yang meluber di jalan depan dan samping Masjid Al Falah Sragen. (Foto: SWidodo/ketik.co.id,)Jemaah Salat Id yang meluber di jalan depan dan samping Masjid Al Falah Sragen. (Foto: SWidodo/ketik.co.id,)

Masjid Al Falah yang lokasi di depan Stasiun Kereta Api Sragen, dipenuhi para  jemaah pemudik dari berbagai wilayah Indonesia yang sudah tidak bisa masuk ke masjid atau halaman masjid.

Karena di dalam masjid penuh,  jalan di depan masjid, pinggir masjid yang merupakan jalan besar arah Solo, dipenuhi jemaah juga mobil mobil jemaah yang diparkir kanan kiri jalan. 

Selain itu jalan yang menuju pasar Sragen juga penuh dengan jemaah yang ingin Salat Id.

Masjid Raya Al-Falah pertama kali didirikan di atas tanah pemberian dari PG Mojo Sragen pada tahun 1956. Takmir masjid yang ditunjuk saat itu adalah para aktivis Muhammadiyah Sragen yang kemudian menamai masjid dengan sebutan Masjid Al-Ittihad.

Pada tahun 1960-an Masjid Raya Al-Falah diajukan pada lomba manajemen masjid tingkat provinsi oleh Pemerintah Kabupaten Sragen, sehingga kepemilikan tanah masjid di balik nama menjadi milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Salad Id Al Falah Sragen jumat