Target 2 Medali, ISSI Kabupaten Probolinggo Bawa Pulang 5 Medali

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Marno

15 September 2023 15:48 15 Sep 2023 15:48

Thumbnail Target 2 Medali, ISSI Kabupaten Probolinggo Bawa Pulang  5 Medali Watermark Ketik
Atlet dan offisial ISSI Kabupaten Probolinggo memamerkan medali yang baru diraih, (Foto:Tunjung Mulyono/Ketik.co.id)

KETIK, PROBOLINGGO – Atlet balap sepeda ISSI Kabupaten Probolinggo berhasil memenuhi ambisi meraih medali di ajang Porprov VIII Jawa Timur 2023. Dari target 2 medali, mereka malah membawa pulang 5 medali.

Istimewanya lagi, 1 dari 4 medali yang diraih itu, medali emas yang diraih oleh Eza Raditya Pratama, Muhammad Iqbal Maulana, dan Muhammad Shohibul Mirbat di nomor Team Time Trial (TTT).

Sedangkan 4 medali lainnya, berhasil diborong oleh 1 atlet saja yakni: Diajeng Putri Ayu Sabila yang suskes merebut 4 medali perunggu dari nomor Individual Time Trial (ITT), Criterium Race putri dan Individual Road Race putri (IRR). 

Pelatih balap sepeda ISSI Kabupaten Probolinggo Herwin Sanjaya, menyampaikan jika raihan prestasi ini merupakan capaian maksimal yang berhasil diraih oleh keempat atlet binaannya itu. Pasalnya pada cabor balap sepeda ini, kualitas para atlet balap sepeda dari tiap daerah nyaris sama dan merata, 

"Tidak ada daerah yang atletnya menonjol kali ini, semuanya nyaris merata kualitasnya. Namun memang atlet dari kota Kediri, Surabaya, dan Tulungagung mampu tampil sedikit lebih cepat," ujarnya, Jum'at (15/9/2023). 

Dijelaskannya, pada dasarnya atlet balap sepeda Kabupaten Probolinggo mampu tampil cukup meyakinkan di hari-hari pertama pertandingan. Namun karena turun di 3 nomor sekaligus, dan jeda waktu yang hanya satu hari saja, tentu stamina dan fisik atlet tak berada pada kondisi maksimalnya,

"Stamina atlet kami terkuras di babak awal, karena memang lawannya cukup merata kualitasnya. Sehingga butuh usaha lebih dan strategi khusus agar tidak pulang dengan tangan kosong," jelasnya. 

Herwin membeberkan, strategi mengamankan posisi tiga besar pun terus dilancarkan. Setidaknya agar tidak tercecer dari pimpinan lomba yang ada di depan.

"Kalau kita push, bisa saja. Namun atlet kami akan kehabisan tenaga di nomor lainnya. Oleh karena itu raihan medali perunggu ini sudah bagus,. Terlebih Ajeng ini atlet masa depan kami, masih ada Porprov mendatang yang akan jadi pembuktiannya," bebernya. 

Terpisah Ketua Satgas Porprov KONI Kabupaten Probolinggo Budi Eko Prasetyo mengatakan, dirinya puas dengan hasil yang diraih oleh ISSI Kabupaten Probolinggo.

Pasalnya target 1 perak dan 1 perunggu yang disampaikan, berhasil dilampaui. "Sudah melebihi target yang mereka buat sendiri. Itu sangat bagus dan menunjukkan kalau cabor ini memang serius dengan pembinaann atletnya. Proses regenerasinya jalan dengan baik," pungkasnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

poprovjatim2023 issi balapsepeda Porprov Jatim 2023