Tembok Rumah Warga Jember Roboh Akibat Gempa di Tuban

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

15 April 2023 01:13 15 Apr 2023 01:13

Thumbnail Tembok Rumah Warga Jember Roboh Akibat Gempa di Tuban Watermark Ketik
Ilustrasi. Robohnya tembok rumah Pak Sarmo di Dusun Gending, Desa Darsono, Kecamatan Arjasa, Jember. (Foto: IStockphoto)

KETIK, JEMBER – Kabupaten Tuban di Jawa Timur bagian utara dan barat berjarak 297 kilometer dengan Kabupaten Jember yang berada di sisi selatan dan timur. Tetapi, gempa bumi di Tuban, Jumat (14/4/2023) sore, menyebabkan tembok rumah warga Jember Roboh.

Gempa yang terjadi pada pukul 16.55 WIB yang terletak 68 kilometer barat laut Tuban dengan kedalaman 632 kilometer itu membuat tembok rumah Pak Sarmo di Dusun Gending, Desa Darsono, Kecamatan Arjasa, roboh.

Dinding itu berada di samping rumah berukuran 9 kali 3 meter. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. “Bantuan sudah dikirimkan dan kami berkoordinasi dengan kepala desa dan babinsa,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember Heru Widagdo, Sabtu (15/4/2023).

Meski terasa beberapa detik dan sempat memicu kepanikan, gempa bumi di Tuban tidak menimbulkan kerusakan luas, kata David Handoko Seto, legislator Partai Nasional Demokrat.

David bersyukur tidak terjadi kerusakan akibat gempa beberapa detik itu. “Kami berharap masyarakat Jember tidak panik dan selalu waspada. Kalau kita berada di posisi lantai atas gedung, tidak perlu mencari pintu keluar. Cukup bersembunyi di bawah meja, karena rawan kalau berjubel di pintu keluar,” katanya.

David berharap Pemerintah Kabupaten Jember meningkatkan kewaspadaan, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah. “Jangan pernah lemah dan selalu antisipatif,” katanya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tembok runtuh Jember Gempa Tuban