Temui Presiden Joko Widodo, Ternyata Tim Cook Sosok yang Gemar Makan Siang dengan Karyawan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

17 April 2024 10:00 17 Apr 2024 10:00

Thumbnail Temui Presiden Joko Widodo, Ternyata Tim Cook Sosok yang Gemar Makan Siang dengan Karyawan Watermark Ketik
CEO Apple Tim Cook (Foto: Instagram @timcookpage)

KETIK, JAKARTA – Kedatangan CEO Apple Tim Cook untuk bertemu Presiden Joko Widodo di istana Kepresidenan yang berada di Jakarta pada Rabu (17/4/2024) rupanya mendapat banyak sorotan dari awak media dan masyarakat. Dikenal sebagai pribadi yang sibuk, Tim Cook nyatanya merupakan sosok pemimpin yang sederhana.

Gaya hidup pentolan Apple ini pernah di publikasikan melalui unggahan video di kanal Youtube Apple Explained. Unggahan tersebut menggambarkan kegiatan sehari-hari Tim Cook di mulai dari pagi hingga malam hari.

Tim Cook memulai harinya dengan bangun pagi pada pukul 3.45. Setelah bangun dirinya mengawali kegiatannya dengan membaca ratusan email yang masuk. 

“Dia (Tim Cook) bangun pada jam 3.45 pagi dan menghabiskan waktunya sekitar 1 jam untuk membaca sekitar 700 sampai 800 email yang didapat setiap harinya,” jelas narasi video tersebut.

Kegiatannya yang diawali dengan membaca ratusan e-mail dipandang bermanfaat untuk perkembangan perusahaan yang dipimpinnya. Lantaran melalui e-mail tersebut dirinya dapat menerima beragam masukan dan pandangan dari berbagai sisi.

“Aku suka membaca komentar pengguna dan fokus kepada pendapat eksternal yang sangat penting untuk kita’,” kata Tim Cook.

Setelah selesai membaca e-mail, Tim selalu menyempatkan diri untuk sarapan. Walaupun berstatus sebagai CEO, akan tetapi Tim bukanlah pribadi yang ribet dalam hal sarapan.

Untuk sarapan dirinya biasa mengkonsumsi dua butir telur orak-arik, daging kalkun atau babi, sereal bebas gula, serta susu almond tidak manis. Setelah sarapan, sekitar pukul 6 pagi, Tim Cook akan pergi ke sebuah gym di luar kantor yang lokasinya dirahasiakan.

“Sekitar jam 6 pagi, ia akan pergi ke sebuah gym yang dirahasiakan di luar kantor Apple. untuk memaksimalkan privasi dan berolahraga selama 1 jam Olahraganya itu dilakukan untuk menghindari stres yang juga penting untuk seseorang yang memegang tanggung jawab di perusahaan besar dunia,” tambah narasi tersebut.

Selesai berolahraga untuk kebugaran tubuhnya, Tim Cook akan mampir ke sebuah cafe sebentar untuk membaca e-mail yang belum sempat dibaca. Hal ini dilakukan karena saat tiba di kantor, dirinya tidak akan memiliki banyak waktu untuk membaca e-mail. Jadwalnya akan dipenuhi dengan beragam meeting dan rapat sepanjang hari. 

Saat istirahat pada siang hari, Tim Cook lebih memilih makan di kantin. Disana dirinya akan duduk secara acak dengan para karyawannya. Dirinya akan berbincang dengan mereka untuk mendapatkan masukan dan pandangan lain.

“Ini juga menjadi caranya untuk mendengar berbagai perspektif dari dari kantornya di luar tim eksekutif Apple,” papar narasi dalam video.

Di malam hari, Tim Cook dikenal sebagai sosok yang pulang terakhir. Biasanya, ia akan pulang untuk pergi tidur sekitar jam 8.45 malam. Hal ini menandakan ia kerja selama 12 jam dan memiliki waktu tidur 7 jam.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi Sosok CEO Apple Tim Cook Pribadi Sederhana Presiden Joko Widodo Silicon Valley