Terminal Hamid Rusdi Bakal Jadi Tempat Relokasi Sementara Pedagang Pasar Gadang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

3 Mei 2024 07:07 3 Mei 2024 07:07

Thumbnail Terminal Hamid Rusdi Bakal Jadi Tempat Relokasi Sementara Pedagang Pasar Gadang Watermark Ketik
Peninjauan Terminal Hamid Rusdi. (Foto: malangkota.go.id)

KETIK, MALANG – Terminal Hamid Rusdi direncanakan menjadi lokasi untuk relokasi sementara para pedagang apabila revitalisasi terhadap Pasar Gadang terlaksana. Hal tersebut sebagai tindak lanjut carut marutnya pengelolaan yang ada di Pasar Gadang.

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menjelaskan, masyarakat telah banyak mengeluhkan kondisi Pasar Gadang. Mulai dari sampah, kemacetan, hingga kerusakan badan jalan.

Wahyu menilai Terminal Hamid Rusdi menjadi lokasi yang cocok dijadikan penampungan sementara hingga revitalisasi Pasar Gadang terealisasi.

“Untuk mencegah keruwetan di Pasar Gadang, mulai dari kemacetannya, tumpukan sampah di jembatan jalan dekat pasar, termasuk keluhan terkait jalan berlubang. Terminal Hamid Rusdi ini bisa menjadi salah satu penampungan sementara sampai dengan Pasar Gadang terealisasi,” ujar Wahyu, Jumat (3/5/2024).

Salah satu yang jadi persoalan ialah banyak pihak yang membongkar barang di Jembatan Pasar Gadang. Tindakan tersebut menambhak tingkat kepadatan kendaraan hingga menimbulkan kemacetan.

"Memang ada petugas yang menjaga dan mengingatkan. Tetapi kenyataannya setelah petugas pergi mereka tidak tertib lagi. Aternatifnya adalah fungsi jalannya harus kita sterilkan, kita akan memindah,” tambahnya.

Rencana relokasi sementara pedagang juga menjadi satu kesatuan dengan fungsi Terminal Hamid Rusdi. Dengan demikian meskipun Pasar Gadang direlokasi di Terminal Hamid Rusdi, namun trayek tetap dapat beroperasi seperti biasa.

"Nanti pasar dengan Terminal Hamid Rusdi ini kan ada trayeknya, maka jadi satu kesatuan. Pasar butuh masyarakat yang berbelanja, dan trayek terminal butuh penumpang. Ada simbiosis mutualisme antara pedagang dan terminal untuk bisa memanfaatkan tempat,” terang Wahyu.

Namun rencana tersebut masih dalam proses kajian bersama Provinsi Jawa Timur sebagai pengampu Terminal Hamid Rusdi. Untuk itu, Wahyu telah meminta Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang untuk segera melakukan pembahasan.

"Saya minta Pak Diskopindag untuk melakukan sosialisasi pada pedagang termasuk Pak Kadishub dengan Dishub Provinsi Jatim akan duduk bersama untuk pengaturannya bagaimana. Mudah- mudahan tidak sampai tahun 2025 karena ini salah satu solusi Pasar Gadang yang belum terselesaikan,” tutup Wahyu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Terminal Hamid Rusdi Relokasi Pedagang Pasar Gadang Revitalisasi Pasar Gadang Kota Malang Pedagang Pasar Gadang Pasar Gadang