Tiga Parpol Siap Usung Bung Karna pada Pilkada Situbondo

Jurnalis: Heru Hartanto
Editor: Naufal Ardiansyah

28 Maret 2024 12:10 28 Mar 2024 12:10

Thumbnail Tiga Parpol Siap Usung Bung Karna pada Pilkada Situbondo Watermark Ketik
Ketua Partai Hanura Baju Batik Didampingi Ketua Partai Demokrat Baju Biru (28/03/2024) (Heru Hartanto / ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Setelah Partai Golkar dan Partai Demokrat menyatakan siap mengusung Bung Karna, Bupati Situbondo sekarang, kini giliran Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menyatakan sikap dan siap untuk mengusung Bupati Situbondo, Karna Suswandi pada perhelatan Pilkada Situbondo yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang, Kamis (28/03/2024).

Dengan bergabungnya Partai Hanura tersebut, maka Bupati Karna ini dipastikan mengantongi ‘tiket atau kendaraan’ minimal untuk maju kembali sebagai kandidat calon bupati pada Pilkada Situbondo 2024.

Karena, kekuatan ketiga partai itu sudah memenuhi syarat 20 persen kursi DPRD Kabupaten Situbondo. Dengan rinciannya Partai Golkar 5 kursi, Partai Demokrat 3 kursi dan Partai Hanura 1 kursi. Sehingga gabungan ketiga partai itu memiliki 9 kursi dari total jumlah 45 kursi DPRD Kabupaten Situbondo.

Keterangan yang disampaikan Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Situbondo, Zuhri Nirwana mengatakan bahwa, pihak memberikan dukung kepada Karna Suswandi, karena tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap Bung Karna.

"Pada survei internal kami tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pak Karna cukup tinggi. Yakni mencapai 76,4 persen. Ini yang menjadi pertimbangan Partai Hanura Situbondo untuk mengusulkan Bung Karna ke DPD Hanura Jawa Timur sebagai balon atau Kandidat Bupati Situbondo," terang Zuhri.

Lebih lanjut, Zuhri mengatakan, Hanura juga bakal mengusung Wakil Bupati Situbondo, Nyai. Khoirani untuk kembali mendampingi Bung Karna pada perhelatan Pilkada Situbondo 2024.

"Elektabilitas Bung Karna dan Bu Nyai Khoirani ini cukup tinggi. Jadi kami akan mengusulkan beliau berdua ke DPD Hanura Jawa Timur," ujarnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Zuhri, namun dia berharap ada beberapa partai lainnya yang akan mengusung dan mendukung Bung Karna dan Nyai Khoirani. "Saya berharap ada partai lain yang bergabung, karena semakin banyak partai yang bergabung dibarisan kami, maka semakin baik," harapnya.

Selain itu, Zuhri secara terang-terangan menjelaskan, akan ada beberapa partai non-parlemen yang mendukung Bung Karna.

"Dalam waktu dekat ini Bung Karna akan dapat dukungan dari 5 partai non-parlemen di Situbondo. Walaupun partai non-parlemen ini tidak bisa mengusung, tapi mempunyai basis dan kader yang potenisal untuk mendulang perolehan suara" pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Situbondo, Janur Sasra Ananda menjelaskan, dengan bergabungnya Partai Hanura ke partai pengusung Bung Karna akan memperkuat barisan Partai Golkar dan Demokrat.

"Saya mengapresiasi langkah politik Pengurus Partai Hanura yang bergabung ke kita untuk mengusung Bung Karna sebagai kandidat balon Pilkada Situbondo,” jelasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Tiga Parpol Siap Usung Bung Karna Pada Pilkada Situbondo Situbondo Hari Ini Situbondo Berita