Tim Barunastra ITS Optimis Menang di International Roboboat Competition Florida

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Marno

15 Maret 2023 03:15 15 Mar 2023 03:15

Thumbnail Tim Barunastra ITS Optimis Menang di International Roboboat Competition Florida Watermark Ketik
Demo Kapal Nala Proteus Tim Barunastra ITS di Kampus ITS Surabaya, pada Selasa (14/3/2023). (Foto: ITS Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Dalam ajang International Roboboat Competition di Florida, Amerika Serikat pada 22-28 Maret 2023, tim Barunastra ITS Surabaya meluncurkan kapal terbarunya.

Rektor ITS Surabaya, Prof Mochamad Ashari mengklaim kapal robot bernama Nala Proteus itu merupakan karya luar biasa dari mahasiswa ITS. Ia optimis, tim Barunastra bisa membawa pulang juara untuk kelima kalinya.

“Ini adalah karya luar biasa dari mahasiswa ITS. Saya yakin tim Barunastra ITS bisa kembali membawa gelar juara untuk kali kelima,” ujar Ashari saat launching Nala Proteus di halaman Rektorat ITS Surabaya, Selasa (14/3/2023).

Sementara itu, General Manager Tim Barunastra ITS, Fariz Rayyan Januar menjelaskan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk mengikuti kompetisi tersebut. Mulai melakukan inovasi pada propulsi kapal dan lambung timbul kapal.

Ia mengungkapkan, sebelumnya terdapat kekurangan di bagian lambung timbul kapal yakni tipisnya jarak antara air dan lambung kapal. Menurutnya, hal itu dapat membahayakan komponen elektrik kapal.

Tim Barunastra ITS Surabaya melakukan uji coba kapal Nala Proteus. Selain itu, kini sistem propulsi kapal Nala Proteus juga memakai sistem gaya dorong dan torsi yang lebih besar jika dibandingkan propulsi kapal Barunastra sebelumnya. 

“Dengan sistem propulsi tersebut, kapal terbaru kami dapat melaju hingga kecepatan 5 knot,” ungkap Rayyan.

Rayyan mengatakan, untuk menghadapi kompetisi bergengsi tersebut, timnya secara khusus telah beberapa kali melakukan uji coba sekaligus mengoptimalkan kinerja kapal. “Dengan inovasi terbaru tim Barunastra, kami yakin bisa kembali menjadi juara dan mengharumkan nama ITS serta bangsa Indonesia,” tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Demo Kapal Nala Proteus Tim Barunastra ITS di Kampus ITS Surabaya pada Selasa