Tinggal Lahan Parkir GBT Siap Jelang Piala Dunia U20 FIFA

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

19 Februari 2023 11:39 19 Feb 2023 11:39

Thumbnail Tinggal Lahan Parkir GBT Siap Jelang Piala Dunia U20 FIFA Watermark Ketik
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Benowo Surabaya Barat siap menyambut Piala Dunia U 20 FIFA. (Foto Kuncoro S/ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Perbaikan fisik Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) hampir rampung untuk ajang pertandingan Piala Dunia U 20 FIFA. Menurut rencana pertandingan tersebut akan dimulai Mei mendatang. Hal ini suatu kehormatan bagi warga kota Surabaya yang akan ditempati event pertandingan sepak bola kelas dunia U 20. FIFA `

Fasiltas GBT yang terletak di kawasan Surabaya Barat tersebut yang dibenahi antara lain rumput stadion dan lapangan latihan, ganti pakaian pemain standar internasional, tribun VIP standar internasional dan akses jalan tol menuju stadion GBT.  

Ketika ketik,co.id, Minggu sore kemarin ke stadion GBT yang lokasinya di Kecamatan Benowo terlihat lengang. Namun bangunan GBT sudah terlihat bersih. Misalnya jalan masuk menuju ke gelanggang sepak bola kebanggaan arek Surabaya ini sudah terlihat rapi. Tiap pengunjung yang akan masuk harus melalui pintu portal.

Informasi yang diperoleh media online ini menyebutkan, perkerjaan fisik yang digarap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUR) di GBT hampir rampung. Pekerjaan tersebut tinggal finishing saja. 

Sementara pihak Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya mengusulkan pembangunan lahan parkir. Karena setiap ada pertandigan lahan parkir masih menjadi kendala saat ada event pertandingan antarklub. 

Semua pekerjaan fisik di GBT diserahkan kepada kementerian. Sementara Pemkot Surabaya membantu pekerjaan minor. 

Sementara itu, pihak kementerian menyatakan, pekerjaan perawatan rumput lapangan disesuaikan dengan standar FIFA. Sedangkan pagar lapangan dan lapangan latihan sudah diperbaiki.  

Pembangunan lahan parkir dan sistem drainase akan dilakukan untuk mengantisipasi genangan air di kawasan stadion. 

Lilik Ariyanto, Kadis Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) mengatakan kepada junalis bahwa pembangunan sistem drainase di GBT memang diperlukan . Meski demikian, pihaknya mempertimbangkan anggaran yang tersedia. 

Seperti diketahui akses masuk ke stadion GBT memang perlu mendapat perhatian. Bagi warga Surabaya yang ingin melihat pertandingan harus memilih dua akses jalan. 

Pertama masuk di Jalan Banyu Urip terus ke arah Benowo (Stadion GBT) dan akses kedua melalui Jalan Tambak Langon arah ke Gresik, kemudian belok sebelum sungai (Segoro Adu), perbatasan Surabaya- Gresik. Bila akses bisa lewat jalan tol akan memudahkan menuju stadion GBT. (*)

Tombol Google News

Tags:

GBT stadion Benowo parkir Piala dunia U20 Fifa