Tingkatkan Kompetensi Kerja, Khofifah Buka Kick Off Pelatihan Berbasis Kompetensi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

14 Maret 2023 12:35 14 Mar 2023 12:35

Thumbnail Tingkatkan Kompetensi Kerja, Khofifah Buka Kick Off Pelatihan Berbasis Kompetensi Watermark Ketik
Khofifah berfoto bersama para peserta pelatihan.(Foto:Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi membuka Kick Off Pelatihan Berbasis Kompetensi yang digelar UPT Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur di Kantor UPT BLK Surabaya, Selasa (14/3/2023).

Kick Off pelatihan ditandai dengan penekanan sirine dan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada dua orang oleh Gubernur Khofifah didampingi Kepala Disnakertrans Prov. Jatim Himawan Estu Bagijo. 

Tercatat 370 orang peserta hadir secara luring dan 320 orang secara daring, berasal dari 16 UPT BLK di berbagai daerah di Jawa Timur. Dimana, terdapat total sebanyak 569 Paket Pelatihan yang disediakan oleh setiap UPT BLK. Dengan rincian, pelatihan institusional 346 paket, pelatihan mutu 210 paket, dan pelatihan CPMI 13 paket.

Foto Khofifah saat membuka Kick Off Pelatihan Berbasis Kompetensi.(Foto:Humas Pemprov Jatim)Khofifah saat membuka Kick Off Pelatihan Berbasis Kompetensi.(Foto:Humas Pemprov Jatim)

Gubernur Khofifah secara khusus juga berpesan agar para peserta selalu membangun rasa persaudaraan dan kekompakan dalam tim kerja yang solid.

"Saya berpesan bagi kita semua, untuk tetap guyub rukun, bangun persatuan persaudaraan secara substantif. Mari bangun seduluran lahir batin agar terwujud suasana yang aman dan konfusif dalam dunia kerja dan dunia industri di Jawa Timur ," ungkapnya. 

Lebih lanjut disampaikan Khofifah, seluruh peserta pelatihan diharapkan bisa terus menjaga semangat dan optimisme yang berseiring dengan produktivitas.

 "Prasangka yang baik dan produktif tolong terus dibangun di dalam optimisme kita. Selalulah berpositif thinking, maka Allah akan menurunkan yang positif dan produktif bagi kita semua," pesannya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Transmigrasi Prov. Jatim Himawan Estu Bagijo melaporkan, maksud kegiatan ini yakni memberikan dukungan dan penguatan kepada seluruh 16 UPT BLK Disnaker kepada seluruh peserta pelatihan di BLK sehingga dapat mengembangkan kompetensi serta produktivitas keunggulan ekonomi. 

Himawan juga menyebut bahwa BLK Surabaya ini merupakan salah satu BLK Tipe A yang dimiliki oleh Pemprov Jatim dari total BLK yang dimiliki sebanyak 16 BLK. 

"Kami juga melaporkan bahwa  kick off  ini dalam sejarah dilaksanakan UPT BLK Surabaya yang merupakan BLK Tipe  A selain BLK Singosari dan BLK Wonojati dari 16 BLK miliki Pemprov Jatim," tegasnya. 

Sebagai informasi, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, hingga Agustus 2022 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Jatim tercatat 5,49% atau sebesar 1,26 juta orang. Angka tersebut terpantau turun sebesar 0,25 poin dibandingkan tahun 2021 yang ada pada angka 1,28 juta orang atau 5,74%. 

Angka ini juga lebih rendah dari TPT Nasional yang berada diangka 5,86% untuk tahun 2022. Jawa Timur akan terus berusaha menurunkan tingkat pengangguran terbuka dengan meningkatkan kompetensi agar makin banyak terserap di dunia usaha , dunia industri dan dunia kerja.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemprov Jatim Pelatihan Berbasis Kompetensi SDM Dinas Transmigrasi Khofifah