Tinjau TPS di Pelosok Desa, Pj Bupati Bondowoso Saksikan Antusiasme Warga Mencoblos di Sela Bertani

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Muhammad Faizin

14 Februari 2024 16:40 14 Feb 2024 16:40

Thumbnail Tinjau TPS di Pelosok Desa, Pj Bupati Bondowoso Saksikan Antusiasme Warga Mencoblos di Sela Bertani Watermark Ketik
Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto (tengah) saat menyimak laporan dari Camat Wringin, Rizky (Foto: Ari Pangistu / Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto meninjau TPS-TPS secara sampling di seluruh kecamatan dalam pelaksanaan Pemilu 2024. 

Peninjauan dilakukan oleh seluruh jajaran Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang disebar ke semua wilayah. 

Sementara untuk peninjauan yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Bambang Seokwanto, bersama Kajari Bondowoso, dan Pj Sekda Haeriyah Yuliati, mereka meninjau TPS 06 di kawasan pelosok. Tepatnya, di Dusun Temor Songai, Desa Gubrih, Kecamatan Wringin. 

Menurut Pj Bupati Bambang Soekwanto melalui Pj Sekda Bondowoso, Haeriyah Yuliati, pihaknya sengaja meninjau TPS dengan lokasi di pelosok karena ingin melihat antusias masyarakat. 

"Lebih-lebih di pelosok banyak masyarakat yang bekerja di sawah di saat jam-jam pencoblosan. Belum lagi terkadang akses jalan kadang menjadi alasan," ujar Haeriyah di Balai Desa Gubrih, Rabu (14/2/2024). 

Namun, pihaknya bersyukur dari hasil pantauan sendiri menunjukkan antusias yang luar biasa. Bahkan, saat tiba di lokasi sekitar pukul 11.00 WIB, tingkat kehadiran sudah mencapai 80 persen. 

“Ini menandakan antusias masyarakat untuk datang ke TPS lumayan tinggi. Harapan kami tingkat partisipasi masyarakat bisa lebih baik dari Pemilu sebelumnya,” tuturnya. 

Ia mengharapkan pasca pelaksanaan pencoblosan masyarakat tetap kondusif. Dan tidak lagi mempermasalahkan perbedaan pilihan. 

“Namanya pesta demokrasi ya pasti ada perbedaan,” ujarnya.

Namun begitu, pihaknya meminta pemangku kepentingan terkait termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat agar ikut memberikan edukasi pada warga. Bahwa, pilihan sudah selesai dan setelah itu semuanya akan kembali pada aktivitas seperti biasa. 

Sementara itu, Kepala Desa Gubrih, Abdul Bari, menjelaskan, di TPS yang dikunjungi tim Pemkab Bondowoso itu ada di RT 13 dan 14 RW 03 dengan hak pilih 172 orang. 

Sementara untuk jumlah DPT di desanya itu mencapai 2.135 pemilih yang tersebar di belasan TPS. 

Pihaknya mentargetkan partisipasi kehadiran mencapai 95 persen. 

“Kalau 100 persen tidak mungkin, karena masih ada warga yang kerja di luar Jawa,” pungkasnya. (*) 

Tags:

Bondowoso pemilu2024 Pemilu Bondowoso Pj Bupati Bondowoso Bambang soekwanto Wringin TPS Terpencil