Tips Memilih Jas Hujan Bagi Pengendara Motor

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

3 Desember 2023 00:15 3 Des 2023 00:15

Thumbnail Tips Memilih Jas Hujan Bagi Pengendara Motor Watermark Ketik
Ilustrasi pengendara motor dengan jas hujan. (Foto: Dok Honda)

KETIK, JAKARTA – Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Bagi anda pengguna kendaraan roda dua atau motor, jas hujan merupakan salah satu perlengkapan yang tidak boleh tertinggal. Jas hujan sendiri berguna untuk melindungi diri dari guyuran air hujan agar tidak basah. Selain itu jas hujan juga berguna melindungi tubuh dari angin kencang.

Berbicara mengenai jas hujan, saat ini di pasaran banyak dijual beraneka ragam jas hujan. Harganya pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu bahkan hingga ratusan ribu. Tentu saja perbedaan harga ini juga berpengaruh pada kualitas jas hujan itu sendiri.

Untuk mendapatkan jas hujan dengan kualitas terbaik, ternyata ada tipsnya loh. Berikut ini adalah tips yang bisa kamu gunakan saat akan membeli jas hujan.

1. Hindari Model Ponco

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah hindari membeli jas hujan model ponco atau kelelawar. Jas hujan ini memiliki bentuk seperti jubah yang mirip kelelawar. Jas hujan ini cukup berbahaya karena rentan tersangkut pada roda maupun rantai gear motor.

Selain itu, jas hujan model ponco dinilai kurang efektif untuk melindungi pengendara dari air hujan. Oleh sebab itu lebih baik pilih jas hujan model setelan yang terdiri dari atasan dan bawahan. Selain lebih aman, jas hujan ini juga lebih baik melindungi tubuh dari guyuran air hujan.

 

2. Pilihlah Ukuran Yang Pas

Dalam memilih jas hujan selain desain, penting juga memperhatikan ukuran yang digunakan. Pilihlah jas hujan yang ukurannya pas dengan tubuh sehingga nyaman untuk digunakan. 

Jangan memilih jas hujan yang terlalu besar, karena akan terdapat celah-celah yang membuat air akan masuk. Sebaliknya juga jangan memilih ukuran yang terlalu kecil karena akan menyusahkan gerakanmu saat mengendarai sepeda motor.

 

3. Pilihlah Jas Hujan Dengan Kualitas Yang Baik

Hal yang juga penting sebelum kamu membeli jas hujan adalah cek kualitasnya. Apabila jas hujan yang kamu lihat bahannya kurang baik, tentu penggunaan jas hujan tidak akan bertahan lama.

Jangan membeli jas hujan berbahan parasut karena akan membuatnya tidak nyaman karena kepanasan. Selain itu hindari juga jas hujan berbahan plastik yang mudah sekali robek.

Sebaiknya pilihlah jas hujan dengan bahan polyvinyl chloride (PVC) yang tebal dan kedap. Jas hujan dari bahan ini dikenal lebih tahan lama dan nyaman untuk digunakan.

 

4. Pilih Yang Berwarna Terang

Saat memilih jas hujan, pilihlah yang memiliki warna terang dan mencolok. Hal ini sangat penting mengingat saat hujan jarak pandang di jalan sering kali berkurang. Oleh sebab itu dengan warna yang terang atau mencolok akan membantumu terlihat oleh pengendara lain sehingga lebih aman.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif bikers pengendara motor Musim Hujan jas hujan Tips memilih