Turut Bantu Atasi Kelangkaan Sembako, Kejati DIY Gelar Bazar Ramadan

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: Muhammad Faizin

2 April 2024 14:10 2 Apr 2024 14:10

Thumbnail Turut Bantu Atasi Kelangkaan Sembako, Kejati DIY Gelar Bazar Ramadan Watermark Ketik
Masyarakat umum dan pegawai antusias menghadiri Bazar Ramadan yang digelar Kejati DIY. Dalam waktu tidak terlalu lama hampir seluruh paket sembako ludes  terjual. (Foto: Penkum Kejati DIY for Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Wujud kepedulian institusi Kejaksaan kepada warga Adhyaksa dan masyarakat di wilayah Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kejati DIY dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah DIY menyelenggarakan Bazar Murah Ramadan 1445 H.

Acara yang berlangsung di halaman parkir Kejati DIY tersebut dibuka secara simbolis dengan pemotongan pita oleh Kajati DIY Ponco Hartanto, didampingi Ketua IAD Wilayah DIY Fitria Ponco Hartanto.

Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati DIY Herwatan dalam keterangannya menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Bulan Suci Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa mendekati hari-hari besar seperti bulan Ramadan dan menyambut Idul Fitri sering terjadi fenomena kelangkaan barang kebutuhan pokok dan melonjaknya harga kebutuhan pokok yang dapat memicu terjadinya inflasi," terangnya.

Ia tambahkan, salah satu penyebabnya adalah tingginya permintaan barang kebutuhan pokok dan meningkatnya biaya produksi.

Sementara itu, Kajati DIY Ponco Hartanto menyampaikan Kejaksaan Tinggi DIY bersama IAD Wilayah DIY hadir di tengah-tengah masyarakat melakukan intervensi pasar.

"Intervensi pasar dilakukan untuk mengendalikan harga barang dan jasa tertentu yang memiliki dampak signifikan terhadap inflasi," jelasnya

Sedangkan pendekatan yang dilakukan dengan menggelar Bazar Ramadan yang dilaksanakan Selasa (2/4/2024) di halaman kantor Kejaksaan Tinggi D I Yogyakarta dengan menjual barang kebutuhan pokok kepada pegawai Kejaksaan dan masyarakat dengan harga yang semurah mungkin (harga distributor).

Ponco berharap kegiatan bazar yang dilakukan jajaran Adhyaksa tersebut dapat memberikan energi positif dan semangat saling membantu, peduli dan berbagi dalam menyongsong bulan yang penuh berkah.

Untuk itu orang nomor satu di Kejati DIY ini mengajak seluruh pegawai di lingkungan Kejaksaan Tinggi DIY dan masyarakat untuk ambil bagian dan memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya.

"Mari berbelanja kebutuhan pokok dengan bahagia. Karena harga murah dan masyarakat yang membutuhkan merasa terbantu dan diringankan," ajaknya.

Foto Pemotongan pita oleh Kajati DIY Ponco Hartanto, SH MH didampingi Ketua IAD Wilayah DIY Fitria Ponco Hartanto menandai di bukanya Bazar Ramadan Kejati DIY. (Foto: Penkum Kejati DIY for Ketik.co.id)Pemotongan pita oleh Kajati DIY Ponco Hartanto, SH MH didampingi Ketua IAD Wilayah DIY Fitria Ponco Hartanto menandai di bukanya Bazar Ramadan Kejati DIY. (Foto: Penkum Kejati DIY for Ketik.co.id)


Di akhir sambutannya Ponco Hartanto mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang berpartisipasi dan berkontribusi dalam Bazar Ramadhan Kejaksaan Tinggi DIY yakni para distributor barang dan juga kepada panitia Bazar Ramadhan Kejaksan Tinggi DIY yang telah menyelenggarakan acara tersebut dengan baik. Serta tak lupa pula kepada ibu-ibu IAD Wilayah DIY yang turut ambil bagian dalam kegiatan Bazar Ramadan yang merupakan bagian dari program IAD Wilayah D I Yogyakarta.

Adapun Bazar Ramadan yang digelar Kejati DIY tersebut menyediakan paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, telur dan mie instan yang diserbu langsung masyarakat umum dan pegawai. Dalam waktu tidak terlalu lama hampir seluruh paket sembako ludes  terjual.

Hadir dalam acara ini Wakajati D I Yogyakarta Amiek Mulandari, para Asisten dan Koordinator, Manager Bisnis Bulog Kanwil Yogyakarta Dwi Yuniarko, Head of Legal & Government Relations PT. Dagangan Karya Indonesia Nathanael Toar Sambuaga, Kepala Operasional PT. Rajawali Nusindo Feriansyah Tri Saputra, dan Paguyuban Makmur Beras Kota Yogyakarta Isnuryadi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bazar Ramadan1445 H Kejati DIY Kajati DIY bulan suci ramadan Idul Fitri 1445 H Ponco Hartanto Ramadan Inflasi kenaikan harga sembako