Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2024, Begini Amanat Dandim Sleman

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

8 Juni 2024 03:24 8 Jun 2024 03:24

Thumbnail Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2024, Begini Amanat Dandim Sleman Watermark Ketik
Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2024, resmi ditutup dengan upacara dan pemukukan gong oleh Komandan Kodim 0732/Sleman (7/6/2024). (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA 2024 resmi ditutup.

Pelaksanaan upacara penutupan dilaksanakan Jumat (7/6/2024) di lapangan Kapanewon Cangkringan, Jl. Pakem - Kalasan, Panggung, Argomulyo, Cangkringan, Sleman.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Dandim 0732/Sleman, Letkol Arm Danny Arianto Pardamean Girsang, SSos MHan. Sementara Komandan upacara adalah Danramil 07/Ngemplak
Kapten Inf. Sumaryanto.

Dalam amanatnya Letkol Arm Danny Arianto mengaku bangga berkat kerja sama dan kerja keras para anggota TNI-Polri, Pemda dan masyarakat.

Sehingga sasaran TMMD baik fisik maupun non fisik dapat tercapai tepat waktu. Ia sampaikan sasaran pokok berupa pembuatan badan jalan dan talud, pembangunan RTLH serta sasaran tambahan berupa pembukaan jalan sepanjang 400 selebar 5 meter.

Foto Usai upacara penutupan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi dan peresmian hasil TMMD berupa pembuatan badan jalan dan talud. (Foto:Fajar Rianto/Ketik.co.id)Usai upacara penutupan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi dan peresmian hasil TMMD berupa pembuatan badan jalan dan talud. (Foto:Fajar Rianto/Ketik.co.id)

Sedangkan kegiatan non fisik meliputi penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan pencegahan stunting dengan meningkatkan peran Posbindu dan Posyandu, Penyakit Tidak Menular, Serta penyuluhan Kamtibmas, kejahatan jalanan dan bullying.

Di hadapan kurang lebih 200 orang peserta upacara tersebut, Dandim 0732/Sleman sekaligus sebagai Dansatgas juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi baik langsung maupun tidak langsung dalam TMMD kali ini.

Sehingga semua program yang direncanakan dapat dilaksanakan sesuai waktu yang dijadwalkan.

Keberhasilan pelaksanaan program ini, sebut Dandim Sleman, pada hakekatnya adalah hasil kerja sama lintas sektoral yang baik, didukung segenap lapisan masyarakat terutama dari dusun Jetis dan sekitarnya, ormas dan lembaga Kalurahan Argomulyo, Cangkringan dalam menyelesaikan pembangunan.

Foto Penyerahan kunci rumah hasil pembangunan / rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), yang juga disasar dalam kegiatan TMMD  Sengkuyung Tahap II TA 2024 tersebut.  (Foto:Fajar Rianto/Ketik.co.id)Penyerahan kunci rumah setelah rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), yang juga disasar dalam kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2024 tersebut. (Foto:Fajar Rianto/Ketik.co.id)

Program TMMD Sengkuyung Tahap-II ini merupakan wujud kepedulian Kodim 0732/Sleman untuk menggugah kembali semangat kebersamaan, gotong-royong serta memperkuat kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

Ini juga untuk mengakselerasi program pemerintah yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan tema TMMD Sengkuyung Tahap-II TA 2024 yakni “Darma Bakti TMMD Mrwujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah".

“Alhamdulillahirabbil 'alamin, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap-II TA 2024, saya nyatakan secara resmi ditutup. Semoga Tuhan Yang Maha Bijaksana senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-Nya kepada kita sekalian dalam mengabdi kepada bangsa dan negara yang kita cintai," ucap Dandim Sleman mengakiri amanatnya.

Terlihat hadir dalam upacara tersebut, Kasipers Kasrem 072/Pmk Kolonel Inf Faisal Amri, SE, MIPol, Bupati Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo, Wakapolresta Sleman AKBP Darno, SH.,SIK, Ketua Pengadilan Negeri Sleman Wari Juniyati SH serta sejumlah pejabat di lingkungan Kodim 0732/Sleman dan Pemkab Sleman.

Usai upacara kegiatan dilanjutkan acara tambahan dan peninjauan lokasi. Turut menyertai dalam kegiatan ini Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Dalam kesempatan tersebut atas nama Pemkab Sleman Kustini mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh anggota TNI dan segenap komponen masyarakat yang selama satu bulan, sejak tanggal 8 Mei sampai dengan 7 Juni 2024, saling bahu-membahu dan bergotong-royong dalam menyelesaikan program TMMD Sengkuyung ini.

Ia juga berpesan pada masyarakat sekitar untuk menjaga dan memelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat. (*)

Tombol Google News

Tags:

TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2024 Upacara Penutupan Kodim Sleman Pemkab Sleman Cangkringan RTLH