Usaha UMKM Ayam Nelongso Tembus Bursa Saham, Pj Bupati Probolinggo Bangga

Jurnalis: Atiq Alirahbini
Editor: M. Rifat

20 Januari 2024 11:26 20 Jan 2024 11:26

Thumbnail Usaha UMKM Ayam Nelongso Tembus Bursa Saham, Pj Bupati Probolinggo Bangga Watermark Ketik
Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto (kiri) dan Pemilik korporasi ayam goreng Nelongso Nanang Suherman (kanan). (Foto: Atiq Ali Rahbini/Ketik.co.id)

KETIK, PROBOLINGGO – Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengaku ikut bangga dengan prestasi putra daerahnya yang sukses merintis UMKM Ayam Goreng Nelongso dari nol sampai berhasil masuk bursa efek Jakarta melalui korporasinya PT Bersama Menuju Puncak Tbk dengan kode saham Baik.

"Saya dapat kabar, putra daerah asal Probolinggo, Mas Nanang Suherman yang masih relatif muda berusia 37 tahun (kelahiran 1987), sudah mampu membawa usaha sekelas UMKM ke Bursa Efek Indonesia di Jakarta," ujarnya.

Rasa Bangga itu bukannya tanpa alasan. Nanang Suherman adalah putra daerah yg lahir dan  mengenyam pendidikan TK, SD, SMP sampai lulus SMA di Kraksaan Kabupaten Probolinggo, yang mampu memiliki daya saing tinggi di bidang bisnis. Bahkan, orang tuanya masih berdomisili di wilayah berpenduduk sekitar 1 juta jiwa ini.

"Dia bisa jadi inspirasi pelaku UMKM dan generasi Z maupun milenial. Meski merintis usahanya di luar daerah, tapi pondasi pendidikannya dari ruang lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo dan itu cerminan kualitas daya saing Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan daerah lain," katanya.

Secara terpisah, pemilik usaha ayam Goreng Nelongso Nanang Suherman kepada ketik.co.id mengaku berterima kasih atas apresiasi tersebut.

"Darah yg mengalir di diri saya, sampai mati tetap keturunan Probolinggo. Saya lahir dan tumbuh dewasa di sana. Hanya segmen pasar usaha yang saya bangun di perkotaan. Tapi, jiwa saya tetap ndeso Probolinggoan, kok," katanya berkelakar.

Nanang Suherman ini tumbuh besar di Desa Sukomulyo Kecamatan Pajarakan dan di Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan. 

Selepas kuliah, dia merintis usaha kaki lima yang dilabeli Ayam Goreng Nelongso di daerah perkotaan yakni di Malang.

Usahanya berhasil hingga memiliki cabang puluhan di Jawa dan luar Jawa dan saat ini, nilai usahanya sudah bernilai puluhan miliar. 

Lalu, usahanya dipatenkan dalam badan usaha bernama PT Bersama Menuju Puncak.

Saat ini, korporasi Bersama Mencapai Puncak dijadwalkan melantai di Bursa Efek Indonesia Jakarta pada 15 Februari 2024.

Sedangkan masa penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) dibuka sejak 2 Januari sampai 12 Februari 2024.

Dalam IPO ini, perseroan menunjuk PT MNC Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.(*)

Tombol Google News

Tags:

ayam goreng nelongso ayam goreng nelongso probolinggo pj Bupati Probolinggo ayam nelongso malang