Usia Harapan Hidup di Sleman Cukup Tinggi, Mencapai 75 tahun

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: Muhammad Faizin

30 November 2023 10:33 30 Nov 2023 10:33

Thumbnail Usia Harapan Hidup di Sleman Cukup Tinggi, Mencapai 75 tahun Watermark Ketik
Lomba lukis bagi para lansia turut menyemarakan kegiatan kali ini. (Foto: Pemkab Sleman)

KETIK, YOGYAKARTA – Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2023 di Sleman kali ini dipusatkan
di Taman Lansia Ceria Bethesda YAKKUM (TLC), Pakem, Sleman. Acara yang digelar Pemerintah Kabupaten Sleman Kamis (30/11/2023), mengusung tema "Lansia Terawat Indonesia Bermartabat".

Acara tersebut juga dimaksudkan agar ke depan akan terjalin kolaborasi, koordinasi, dan sinergi di antara berbagai pihak, guna membangun dan mengembangkan sistem peningkatan kesejahteraan lansia secara terintegrasi.

Hal ini sekaligus merupakan perhatian Pemkab Sleman terhadap para lanjut usia (lansia) dan sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan - Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Feri Istanto menyampaikan selain untuk memperingati HLUN tingkat Kabupaten Sleman. Kegiatan ini sekaligus menjadi wadah apresiasi dan penghargaan kepada para lansia di Kabupaten Sleman. Khususnya kepada kelompok binaan Dinas Sosial Kabupaten Sleman yakni kelompok lintas generasi di tiga Kapanewon yaitu Kapanewon Seyegan, Pakem dan Sleman.

Foto Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum, Kunto Riyadi memberikan sertifikat pada salahsatu lansia Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum, Kunto Riyadi memberikan sertifikat pada salahsatu lansia Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)

Feri menjelaskan, peran lansia saat ini masih terpinggirkan. Sehingga perlu diberi ruang untuk ikut serta dalam perencanaan maupun pertisipasi dalam pembangunan, terutama dalam pembangunan kesejahteraan sosial.

Feri Istanto juga menyebutkan. Dinas Sosial Pemkab Sleman telah memberikan peluang bagi para lansia berupa memfasilitasi keberadaan komisi lansia. Bantuan sosial untuk lansia miskin atau terlantar, bantuan alat bantu untuk lansia, serta penjaminan kesehatan bersama dengan BPJS.

Dinas Sosial Kabupaten Sleman, menurut Feri Istanto sudah melakukan penjaminan kesehatan terhadap lansia mencapai sekitar 95%.

Bantuan sosial untuk lansia yang terlantar dan miskin sudah hampir menyeluruh dan pada setiap tahunnya semakin meningkat jumlahnya. Sehingga lansia yang berada di Kabupaten Sleman ketika sudah tidak produktif paling tidak kebutuhan dasarnya diusahakan sudah terjamin oleh Pemerintah Kabupaten Sleman.

"Adanya bantuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar seperti pangan dan sandang setiap bulannya. Syarat penerima bantuan yaitu bukan penerima pensiunan. Jika terlantar kondisinya ahli waris atau anaknya sudah tidak memberikan penghidupan yang layak. serta masuk dalam daftar keluarga miskin dan rentan", jelasnya.

Foto Peserta kegiatan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2023 tengah berjoget bersama. (Foto: Pemkab Sleman)Peserta kegiatan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2023 tengah berjoget bersama. (Foto: Pemkab Sleman)

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa selaku Ketua Komisi Daerah Lansia Kabupaten Sleman dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Sekertaris Daerah Bidang Administrasi Umum, Kunto Riyadi menyatakan bahwa pemerintah Kabupaten Sleman senantiasa berkomitmen terhadap upaya peningkatan kualitas hidup lansia. Terutama dengan Usia Harapan Hidup (UHH) yang cukup tinggi di Sleman.

"Berdasarkan data BPS DIY tahun 2022, UHH di Sleman mencapai 75 tahun," ungkap Kunto Riyadi.

Disampaikan pula, Sleman terus berupaya agar kualitas hidup, kesehatan, perekonomian, serta kemandirian para lansia berbanding lurus dengan UHH yang tergolong tinggi tersebut. Untuk itu peran aktif lansia dalam mendukung pembangunan di Sleman masih sangat dibutuhkan.

"Pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh lansia dapat menjadi tutor bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan yang semakin berat," imbuhnya kemudian.

Untuk itu diharapkan, lansia di Kabupaten Sleman tetap sehat fisik dan mentalnya, panjang umur, sejahtera, bahagia, dan tetap produktif. (*)

Tombol Google News

Tags:

Usia harapan hidup Lansia Sleman Danang Maharsa Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2023 Pemkab Sleman